beritasurabayaonline.net
Pemerintahan

Kesiapan PT KAI Daop 8 Surabaya Jelang Natal 2016 – Tahun Baru 2017

foto-kesiapan-pt-kai-daop-8-surabaya-menjelang-natal-dan-tahun-baru-2016
Foto-Kesiapan-PT-KAI-Daop-8-Surabaya-Menjelang-Natal-Dan-Tahun-Baru-2016-2017

Lonjokan Penumpang Diprediksi Naik 5 Persen.

Surabaya – BSO – Kesiapan jasa transportasi PT Kereta Api Indonesia (KAI) diwilayah Daop 8 Surabaya sudah dilakukan baik sarana dan prasarana mulai perbaikan kereta api, pemesanan tiket, lonjakan penumpang hingga pengamanan dalam menghadapi libur hari natal dan tahun baru 2016-2017 mendatang.

“Kesiapan ini akan diberlakukan mulai tanggal 23 desember 2016 sampai dengan 8 januari 2017,” Kata Gatut Sutiatmoko Manager Humas PT KAI DAOP 8 Surabaya. Selasa (29/11/2016)

Gatut mengatakan, Untuk mensukseskan dan kelancaran angkutan Natal dan Tahun Baru 2016 ini sudah dilakukan beberapa kesiapan antara lain pemeliharaan,perawatan dan perbaikan serta sarana dan prasarana kereta api terutama untuk antisipasi lonjakan angkutan natal dan tahun baru beberapa tambahan kereta api.

“Disamping sudah dijalankan kereta api reguler, juga dijalankan dua rangkaian kereta api tambahan untuk natal dan tahun baru 2016 yang keberangkatannya dari surabaya,” Jelasnya.

Dijelaskan Gatut, Antisipasi lonjokan penumpang dengan melakukan dua tambahan kereta api yakni kereta api Kerjajaya dengan jurusan surabaya – pasar senin jakarta berangkat dari stasiun Pasar Turi dan kereta api sancaka jurusan surabaya – jogjakarta berangkat dari stasiun gubeng surabaya.

“Lonjakan penumpang jelang natal dan tahun baru 2016 ini diprediksi volome penumpang meningkat sebesar 5 persen dibanding tahun lalu,” Jelasnya.

Lanjut Gatut mengungkapkan, Untuk jumlah lonjakan penumpang tahun lalu sebanyak 587.245 penumpang, sedangkan tahun ini diprediksi naik 5 persen yakni sebanyak 619.160 penumpang,selain itu untuk pemesanan tiket kereta api tambahan natal dan tahun baru 2016 sudah dilakukan kesiapannya.

“Untuk pemesanan tiket kereta api tambahan angkutan natal dan tahun baru 2016 bisa dimulai 15 november 2016 kemarin,” Ungkap Gatut ditemui wartawan diruang kerja.

Masih Gatut menambahkan, Untuk pemesanan tiket penumpang kereta api reguler ini sudah dapat dipesan sejak bulan oktober 2016 bisa dilayani,untuk sejauh ini kesedian tempat duduk masih banyak, namun kami menghimbau pada penumpang untuk memprogam jadwal perjalanan pada angkutan natal dan tahun baru tahun ini.

“Apabila sudah dijadwalkan perjalanannya penumpang segera memesan tiket melalui online dan juga bisa di stasiun, karena untuk momen natal dan tahun baru ini biasanya tiket cepat habis,” Imbuhnya.

Selain kesiapan sarana dan prasarana baik rangkaian gerbong kereta api dan pemesanan tiket menghadapi momen hari natal dan tahun baru 2016 ini, PT KAI Daop 8 Surabaya juga mempersiapkan pengamanan baik internal maupun ekternal berkoordinasi dengan Angoota kepolisian dan TNI diwilayah tugas masing-masing.

“Kita sudah siapkan petugas pengamanan secara internal baik di stasiun maupun di dalam kereta api, untuk eksternal kita sudah koordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI diwilayah tugas masing-masing,” Pungkasnya. (irw)

Baca juga