beritasurabayaonline.net
TNI

PT PAL Indonesia Resmi Serahkan Pesanan Kapal Tunda Ketiga TD Malabar TNI – AL

foto-pt-pal-indonesia-resmi-serahkan-pesanan-kapal-tunda-ketiga-td-malabar-tni-al
Foto-PT-PAL-Indonesia-Resmi-Serahkan-Pesanan-Kapal-Tunda-Ketiga-TD-Malabar-TNI-Angkatan Laut-(AL)

Surabaya -BSO – Kapal Tunda ketiga TD Malabar nomer lambung M-000-296 di produksi PT PAL Indonesia (Persero) merupakan pesanan secara resmi diserah-terimakan kepada TNI Angkatan Laut (AL) sebagai kapal penunjang mampu bermanuver berputar hingga 360 derajat dan mampu untuk membantu menarik kapal seberat 30 Ton.

Dalam sambutannya Direktur Pengembangan Kapal PT PAL Indonesia (Persero) menyampaikan, Proses penggunaan kapal ini telah melalui beberapa tahapan yaitu seperti harbour test, sea trial, bollard pull test, dan tahap terakhir adalah commodore inspection pada 2 Desember 2016 dengan segala fungsi kapal bekerja sangat memuaskan.

“Maka dari itu kapal tunda ketiga TD Malabar dengan pembuatan M 000 296 telah selesai pembuatannya telah siap diserah-terimakan,” Kata Turitan Indaryo. Kamis (22/12/2016) Pagi hari.

Turitan Indrayo menjelaskan,Penyerahan Kapal Tunda Ketiga ini dilengkapi dengan kekuatan mesin dua kali 1200 HP memiliki beban tarikan 30 ton dengan kecepatan 12 Knot namun faktanya hanya 13 Knot, selain itu kapal tunda ketiga dengan memilik panjang 290 meter dan lebar 9 lebar.

“Kapal ini mampu menampung hingga 8 ABK dan 2 penumpang dengan berkapasitas 7 tangki penampung menjadikan kapal ini memiliki ketahanan berlayar selama 7 hari,” Jelasnya.

Lanjut Turitan menerangkan, Proyek Kapl Tunda ini 2400 HP berdasarkan kontrak pada 3 Agustus 2015 dengan Nomer KTR/106/0251/VIII/2015/Disadal, pemesanan Kapal Tunda Ketiga setelah KRI Galunggung dan KRI Anjasmoro ini sebagai bukti komitmen TNI Angkatan Laut (AL) dalam melaksanakan kebijakan Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKPI).

“Ini sejalan dengan ditunjuknya PT PAL Indonesia sebagai Lid Intigrator dalam memenuhi kebutuhan Alusista Matra Laut,” Pungkasnya.

Proses pembuatan Kapal Tunda 2400 HP merupakan pesanan TNI Angkatan Laut (AL) adalah hasil kerja keras dan dedikasi insan PT PAL Indonesia untuk memberikan produk yang berkwalitas dan meningkatkan peran dalam mendukung pertahanan serta keamanan nasional melalui penguasaan teknologi dan rancang bangun.

“Sehingga ketangguhannnya dapat bisa dimaksimalkan untuk menjaga mempertahankan batas wilayah perairan negara Indonesia,” Ungkapnya.

Proses serah terima kapal Tunda Ketiga TD Malabar nomer lambung M-000-296 pesanan dari TNI Angkatan Laut (AL) dihadiri oleh Aslog Kasal Laksda TNI Mulyadi mewakili jajaran TNI AL mengatakan, Kapal Tunda adalah kapal pendukung terutama olah gerak didalam pelabuhan yang akan dikirim dan digunakan di jakarta.

“Karena pelabuhan baru diresmikan yang ada di jakarta masih belum ada kapal pendukung seperti ini,” Katanya pada wartawan usai proses serah terima.

Menurut Aslog Kasal Laksda TNI Mulyadi menjelaskan, Selama ini kapal – kapal besar yang keluar masuk di pelabuhan jakarta masih sulit, maka dari itu kapal tunda ini sangat dibutuhkan untuk membantu olah gerak atau keluar masuk kapal di Pelabuhan Pondok Gayung Jakarta yang baru diresmikan.

“Setelah ini nanti kita langsung kirimkan Kapal Tunda ini ke Jakarta guna untuk membantu kelancaran keluar masuk kapal di pelabuhan pondok gayung jakarta,” Jelasnya. (irw)

Baca juga