beritasurabayaonline.net
Pemerintahan

Pastikan KBS Night Zoo Buka Setelah Lebaran

Surabaya – Kebun Binatang Surabaya (KBS) berencana untuk buka malam hari setelah lebaran.

Kini kesiapan KBS night zoo terus dikebut, agar masyarakat bisa menikmati satwa pada malam hari sesuai dengan target dari Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS

Dirut PDTS KBS, Khoirul Anwar mengatakan pihaknya saat ini tengah merampungkan infrastruktur dan juga pembagian zona. Seperti zona untuk kuliner maupun zona transit station. Tak hanya itu lighting juga telah disiapkan untuk zona welcoming.

“Insyallah habis lebaran kami launching. Sekarang tinggal finishing infrastruktur suportingnya,” ujarnya. Minggu (2/4/2023)

Terkait dengan biaya tiket masuk untuk pengunjung, Khoirul Anwar mengaku masih belum ditetapkan. Karena menurut ia masih menghitung secara keseluruhan.

“Masih kita rumuskan untuk harga tiketnya,”terangnya.

Nantinya pengunjung yang masuk juga dibatasi, agar tidak menganggu kelangsungan hidup satwa yang  beristirahat malam hari.

Sedangkan satwa yang dipertontonkan  pada malam hari yakni satwa nocturnal (satwa yang hidup malam hari). Pihaknya juga memastikan satwa nocturnal juga sudah mendapatkan tambahan asupan gizi.

“Tentu tingkat kenyamanan satwa kami  juga perhitungan. Mulai dari menjaga kesehatan maupun asupan gizi dan juga terkait pencahayaan harus diatur begitu  pula suara tidak melebihi 65-70 desibel,”ungkapnya.

Khoirul Anwar juga memastikan sudah berkoordinasi dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur terkait rekomendasi pembukaan malam hari.

Pasalnya KBS night zoo baru pertama kali diadakan, sehingga membutuhkan rekomendasi agar tetap sesuai fungsinya yakni edukasi, rekreasi serta konservasi.

“Sudah kami juga koordinasi dengan BKSDA juga untuk mendapatkan masukan-masukan,”pungkasnya. (*)

Baca juga