beritasurabayaonline.net
Hukrim

Bobol ATM Senilai Ratusan Juta, Dua Pelaku Diringkus Polisi

Surabaya – Dua tersangka pelaku pembobolan ATM berhasil diringkus Satreskrim Polrestabes Surabaya

Dua pelaku berinisial SP alias DP (51) warga Pariaman Sumatera Barat dan RW (26) warga Medan Sumatera Utara.

“Tersangka ini adalah residivis pernah di penjara pada tahun 2016 dalam kasus yang sama,” ujar AKBP Sudamiran Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, kamis (13/09/2018)

Modus pelaku ini, AKBP Sudamiran mengatakan, menggunakan tusuk gigi untuk mengganjal ATM, pada saat ada orang (korban) ATMnya ngadat (macet)

“Maka disinilah tersangka pura-pura menolong korban, lalu menukarkan ATM korban dengan ATM pelaku sambil menanyakan pin ATM korban tersebut,” Katanya.

Setelah mendapat laporan kasus ini, AKBP Sudamiran mengungkapkan, langsung melakukan lidik di lapangan dan akhirnya pelaku berhasil di ringkus di Kudus Jawa Tengah, korban mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

“Ada 2 orang (korban) mengalami kerugian sekitar 400 juta rupiah dan tidak menutup kemungkinan ada beberapa korban lain yang nilainya lebih besar lagi,” Ungkapnya.

AKBP Sudamiran menambahkan, Pelaku kejahatan ini tergolong berani dan terbukti adanya laporan dari dua orang korban, sedangkan hasil kejahatan yang dilakukan tersangka dibelikan untuk barang-barang mewah

“Seperti satu unit mobil Mercedes Bent type Class, perhiasan, emas batangan dan juga digunakan untuk pergi ke Casino di Malaysia,” Paparnya.

Pengakuan tersangka ini, Kata AKBP Sudamiran, baru satu bulan melakukan aksinya akan tetapi akan kita kembangkan dan bagi masyarakat yang merasa uangnya hilang di ATM dapat konfirmasi kepada kami membuat laporan.

“Bagi masyarakat yang merasa uangnya hilang di ATM bisa melaporkan ke kami (polisi),” Imbuhnya. (dwi)

Baca juga