beritasurabayaonline.net
Pemerintahan

Disparta Surabaya Kembali Gelar Festival Layang-Layang 2015

BERITASURABAYAONLINE.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pariwisata kembali menggelar festival layang-layang di tahun 2015 ini. Acara yang bekerjasama dengan Persatuan Layang-Layang Surabaya (Perlabaya) akan digelar selama dua hari.foto-01-Festival layang-layang 2015

Acara diadakan pada Sabtu (12/09/2015) dan Minggu (13/09/2015) mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB di Side Area Long Beach Selatan, Pakuwon City. Warga berkesempatan untuk melihat dan menikmati berbagai rupa layang-layang baik dari Indonesia maupun mancanegara.

Festival yang secara rutin digelar tiap tahun tersebut bertujuan untuk Menunjang potensi pariwisata daerah sekaligus melestarikan budaya permainan layang- layang yang ada di masyarakat. Selain itu, acara tersebut bermaksud untuk meningkatkan apresiasi masyarakat tentang budaya layang-layang dan memberi hiburan yang berkualitas kepada masyarakat. Dalam acara tersebut juga akan ada workshop untuk memberikan pengetahuan ketrampilan membuat layang – layang kepada siswa sekolah.

Sejumlah layang-layang terbaik dari para peserta baik tradisional maupun kreasi baik 2 dimensi dan 3 dimensi akan tampil dalam acara tersebut. Disamping itu juga menampilkan sejumlah layang-layang modern/layang-layang untuk olahraga, workshop serta bazaar layang-layang, bazar kuliner serta demo kegiatan dirgantara AL seperti aeromodelling, paramotor sebagai kegiatan ekshebisi.

Layang-layang tersebut akan diterbangkan oleh kurang lebih 120 peserta nasional maupun internasional. Para peserta terdiri dari komunitas pelayang yang ada di Indonesia terdiri dari 8 Propinsi dan 36 club layang – layang, serta tamu dari luar negeri dari 5 negara sebanyak 20 orang antara lain Swedia, Malaysia, Singapura, Macau, dan Brunei Darussalam.

Para kontestan selain meramaikan langit Surabaya juga akan berkompetisi memperebutkan piala dan hadiah tunai dengan total Rp. 44.175.000. Lomba tersebut terbagi menjadi beberapa kategori Layang – layang kreasi 2 ( dua ) dimensi, layang – layang kreasi 3 ( tiga ) dimensi, layang – layang rangkaian naga dan layang. (*)

Baca juga