beritasurabayaonline.net
Sospol

Jelang Sarasehan, Peran Media Diharapkan Menjadi Garda Terdepan

foto perkenalan water.org indonesia dengan jurnalis peserta kegiatan sarasehan
foto perkenalan water.org indonesia dengan jurnalis peserta kegiatan sarasehan

Surabaya – BSO – Sebuah Lembaga Non Profit Water.org Indonesia menggelar kegiatan sarasehan dengan mengundang sejumlah perwakilan jurnalis dari berbagai media dari surabaya dan  malang serta, Komunitas Jurnalis Pencinta Lingkungan (KJPL) Indonesia diharapkan bisa menjadi garda terdepan memberikan informasi dan membantu persoalan tentang air bersih dan sanitasi yang layak.

“Kegiatan sarasehan tentang penyedian akses air bersih dan sanitasi layak ini merupakan progam dari Water.org,” Ujar Musfarayani. Minggu (23/04/2017) malam hari ditemui usai pembukaan sarasehan.

Kegiatan sarasehan dengan mengundang sejumlah perwakilan jurnalis dari berbagai media bersama Komunitas Jurnalis Pencinta Lingkungan (KJPL) Indonesia ini diharapkan bisa menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi atau kebijakan tentang duduk persoalan akses air bersih dan sanitasi layak khususnya yang ada di jawa timur.

“Kami berharap kawan-kawan media bisa menjadi garda terdepan dalam menyampaikan informasi tentang akses air bersih dan sanitasi yang layak dan nyaman bagi masyarakat,” Kata Manager Advokasi Water.org.

Menurut Manager Advokasi Water.org Indonesia ini, Pihaknya menyakini, Bahwa kawan-kawan jurnalis dari berbagai media bisa membantu dan menyuarkan kebijakan ke arah yang baik duduk persoalan tentang pemahaman akses penyedian air bersih dan sanitasi yang layak karena selama ini kemungkinan masyarakat kurang begitu paham tentang hal ini.

“Kegiatan ini sudah pernah kami lakukan pertama kali di jawa tengah dan sekarang di jawa timur dan selanjutnya akan digelar di jawa barat,” Jelasnya

foto perkenalan water.org indonesia dengan jurnalis peserta kegiatan sarasehan
foto perkenalan water.org indonesia dengan jurnalis peserta kegiatan sarasehan

Kegiatan sarasehan dilaksanakan pada Senin (24/04/2017) di malang ini dengan mendatangkan beberapa nara sumber diantaranya, Countri Director Water.org Indonesia, Kasi Kesehatan Dan Lingkungan Provensi Jawa Timur, Perwakilan PDAM Probolinggo, Perwakilan Hipams Jawa Timur, Ketua AJI Kota Malang, Ketua KJPL Indonesia, LF Malang serta didukung oleh mahasiswa.

Ketua AJI Kota malang Hari Istianto mengatakan, Kegiatan sarasehan bersama awak media tentang isu persoalan air bersih dan sanitasi yang bersetuhan langsung dengan masyarakat tingkat bawah bagaimanapun juga peran media sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi sekaligus menyadarkan kepada masyarakat.

“Progam ini sangat bagus dan bagaimanapun juga peran media sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi sekaligus ikut pula menyadarkan pada masyarakat tentang progam ini,” Katanya.

Ditempat sama, Ketua KJPL Indonesia Teguh Adi Srianyo mengatakan, Kegiatan ini cukup positif bagi jurnalis bisa menjadi Leader ikut serta aktif terjun di masyarakat agar masyakarat miskin supaya bisa memperoleh air bersih yang layak dan sekaligus bisa membantu memberikan informasi tentang pemahaman dan persoalan air bersih layak minum dan sanitasi yang nyaman.

“Artinya peran jurnalis sangat strategis ikut serta membantu merubah mainset atau prilaku masyarakat yang semula tidak peduli air tidak bersih diubah menjadi peduli air bersih,” Kata mantan wartawan senior suara surabaya.net ini. (irw)

Baca juga