beritasurabayaonline.net
Lifestyle

Magister Manajemen Unair Gelar Lomba Infografis Usung Tema Leading By Data

Surabaya – Pentingnya mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa bersifat kritis dalam membaca isu strategis dan selalu menggunakan data dalam menyampaikan segala informasi membuat Mahasiswa Magister Manajemen Kelas E2M Manajemen Risiko Angkatan 59 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga mengadakan Kompetisi lomba infografis dengan tema Leading by data.

Hal ini disampaikan oleh Dr. Gancar C Premananto, SE, M.Si selaku Kepala Departemen Manajemen sekaligus pengampu mata kuliah Etika Bisnis dan Creating Share Value (CSV) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Sabtu (27/5/2023).

Gancar C Permananto menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan penggabungan dari core bisnis BPS dan UNAIR, mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa data dapat menyampaikan sesuatu harus berdasarkan data. Kompetisi yang diadakan adalah lomba infografis yang diharapkan mampu meningkatkan sikap kritis, kreatif, inovatif, serta peningkatan pengetahuan terkait penggunaan data dalam pembangunan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa dapat meningkatkan knowledge tentang pemanfaatan data kemudian  menjadikannya sebuah informasi yang dapat berguna untuk pembangunan, membangun sikap kritis mahasiswa terhadap pembangunan, mengasah komunikasi, pengambilan keputusan dan strategi,” ungkapnya

Ketua panitia Leading by data M. Iskandar Edris mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan budaya sadar statistik dan literasi bagi mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa, menunjukkan bahwa data dan statistik bisa disajikan dengan menarik, meningkatkan knowledge tentang pemanfaatan data BPS untuk pembangunan serta membangun sikap kritis mahasiswa terhadap pembangunan.

“Acara ini diadakan bertepatan dengan akan diadakannya kegiatan Sensus Pertanian pada Bulan Juni Tahun 2023 oleh BPS sehingga mengusung tema pemanfaatan data BPS untuk mendukung kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani di Indonesia,” ungkapnya

Iskandar menambahkan dalam acara ini juga sangat berkaitan erat dengan beberapa TPB/SDGs Yaitu diantaranya SDG/TPB 1 (No Poverty), SDG/TPB 2 (Zero Hunger), SDG/TPB 4 (Quality Education) dan SDG/ TPB 17 (Partnerships For The Goals).

“Selain kompetisi lomba infografis juga disertai dengan workshop dengan tema pemanfaatan data BPS untuk mendukung kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani di Indonesia yang disampaikan oleh Kepala BPS Provinsi Jawa Timur bapak Dr. Ir. Zulkifli, M.Si,” pungkasnya.  (*)

Baca juga