Tekankan Ekonomi Syariah, Bank Indonesia Bakal Gelar Fesyar 2019

oleh

Surabaya – Bank Indonesia bakal kembali menggelar Festival Ekonomi Syariah Indonesia (Fesyar) 2019 di Surabaya.

Fesyar tahun ini merupakan tahun ke enam yang akan dilaksanakan mulai pada 6 – 9 November 2019, di Grand City Convention Hall & Exhibition Center Surabaya.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Difi A. Johansyah mengatakan, kegiatan tahunan berskala nasional yang diprakarsai oleh Bank Indonesia ini telah memasuki tahun keenamnya, mengambil tema ‘Sinergi Membangun Ekonomi Syariah Indonesia’.

“Fesyar Indonesia 2019 menekankan ekonomi syariah yang lebih konkrit, dengan menghadirkan business matching antara industri keuangan dan pengusaha, selain terus menjadi ajang edukasi ekonomi syariah di Jawa Timur.” ujarnya saat jumpa pers ‘Fesyar 2019’ di Omah Sae Surabaya, Kamis malam (31/10/19).

Ia menjelaskan, Fesyar Indonesia yang diselenggarakan di Surabaya merupakan puncak dari penyelenggaraan Fesyar, yang telah diselenggarakan sebelumnya di wilayah Sumatera (Palembang), KTI (Banjarmasin).

“Kegiatan tahunan berskala nasional yang diprakarsai oleh Bank Indonesia ini telah memasuki tahun ke enam,” paparnya.

Lanjut Difi mengatakan, gelaran Fesyar Indonesia terdiri dari Sharia Forum dan Sharia Fair. Sharia Forum merupakan rangkaian kegiatan seminar, workshop dan diskusi ekonomi syariah tingkat nasional, Sedangkan Sharia Fair, kata Difi, menghadirkan showcase produk ekonomi dan keuangan syariah yang mencakup halal services, moslem fashion, halal food, halal travel, integrated farming.

“Serta yang ditopang dengan talkshow, dengan tokoh-tokoh inspiratif di bidang ekonomi dan keuangan syariah,” ungkapnya.

Difi menjelaskan, sejalan dengan tema dan tujuan tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jatim bekerjasama dengan instansi terkait memprakarsai sejumlah inisiatif terkait model bisnis pesantren, model bisnis ZISWAF, sertifikasi halal dan menembus pasar global bagi UMKM.

“Kami mengundang masyarakat Jawa Timur untuk turut serta meramaikan kegiatan Fesyar Indonesia 2019.” pungkasnya.   (irw)