beritasurabayaonline.net
Lifestyle

Wujud Komitmen Bersama, Coca-Cola Dan Quiksilver Gelar Bali’s Big Eco Weekend 2015

BERITASURABAYAONLINE.COM – Coca-Cola Amatil Indonesia bekerja sama dengan Quiksilver menggelar Bali’s Big Eco Weekend 2015 bertujuan turut berpartisipasi dalam menjaga keindahan, kebersihan dan kenyamanan pantai-pantai yang ada di Kota Bali yang dihadiri ribuan turis manca negara dan wisatawan lokal serta warga masyakarat Kota Bali. Sabtu (15/08/2015)foto-01-kegiatan coca-cola

Dalam Kegiatan agenda tahunan yang bertajuk Bali’s Big Eco Weekend 2015 yang di pusatkan di Kota Bali sebagai salah satu tujaan wisata yang paling populer di dunia yang ada di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran publik akan tantangan lingkungan yang dihadapi oleh Pulau Bali, serta menggerakkan lebih banyak dukungan untuk program ‘Clean and Green Bali’ yang diusung pemerintah setempat.

President Director Coca-Cola Amatil Indonesia Kadir Gunduz mengatakan, kegiatan Bali Beach Clean Up (BBCU) telah memberikan dampak positif, melalui Bali’s Big Eco Weekend kami dapat melanjutkan upaya untuk meningkatkan dukungan dari berbagai pihak di Bali, termasuk masyarakat dan turis, dalam meningkatkan kepedulian akan ekosistem Bali.

“Kami telah berinvestasi dalam program ini sejak 2007 lalu dan berkolaborasi dengan baik dengan Quiksilver, pemerintah Bali, serta masyarakat setempat,” Katanya.

Kadir Gunduz menjelaskan, Di Coca-Cola Amatil Indonesia, kami percaya bahwa kami memiliki peran dan tanggung jawab dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan di mana pun kami beroperasi dan kami Memiliki rencana yang baik dan betul-betul melakukannya, itu yang terpenting.

“Kami bangga dengan dukungan luar biasa yang kami dapatkan, terutama hari ini. Semoga komitmen ini akan semakin kuat, sehingga kita dapat terus melestarikan ekosistem kita bersama-sama,” Jelas Kadir Gunduz.

Kegiatan ini merupakan ke 8 yang digelar oleh Coca-Cola Amatil Indonesia dan Quiksilver sebagai wujud komitmennya untuk menjaga pantai-pantai di Bali tetap bersih dan aman. Sejak tahun 2007, selain itu Bali Beach Clean Up (BBCU) juga memberdayakan warga masyarakat setempat dengan mempekerjakan 78 penduduk lokal dan membekali mereka dengan pelatihan mengenai pengelolaan sampah dan kepedulian terhadap lingkungan.

Para pekerja BBCU ini Sebagai garda depan, membersihkan lima pantai di Bali (Jimbaran, Legian, Kuta, Seminyak, dan Kedonganan) setiap harinya dengan menggunakan fasilitas kebersihan dari Coca-Cola Amatil Indonesia dan Quiksilver, antara lain 3 surf rake, 3 truk sampah, 4 traktor, dan sedikitnya 150 tempat sampah baru setiap tahunnya. Jumlah sampah yang terkumpul selama progam ini berlangsung telah mencapai 29 juta kilogram, hingga bulan Juli 2015.

Ditempat yang sama General Manager Quiksilver South Pacific Paul Hudson mengatakan, Kami bangga dengan kolaborasi yang telah berjalan dengan baik selama 8 tahun dalam menciptakan Bali yang bersih dan aman. Hal ini memperkuat komitmen dan keterlibatan Quiksilver dalam mendukung konservasi lingkungan agar pantai-pantai di Bali tetap bersih dan aman hingga tahun-tahun yang akan datang.

“Quiksilver memiliki atlet global bergabung dalam Bali’s Big Eco Weekend tahun ini, dan sangat bersemangat untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di akhir pekan ini di Pantai Jimbaran, Legian, dan Uluwatu bersama seluruh partisipan Bali’s Big Eco Weekend.” Ujarnya.

Dalam kegiatan ini yang diikuti ribuan pengunjung wisatawan dan dihadiri sejumlah instansi pemerintahan yakni, Dadang Rizki Ratman, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Industri Pariwisata Kementrian Pariwisata; Rijaluzzaman, Kepala Pusat Pengendalian Pengembangan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara; Ketut Wija, Deputi Bidang Ekonomi dan Pengembangan Provinsi Bali dan global atlet Quiksilver.

Selain itu, juara dunia Mark Richards (4X World Champion), Tom Carroll (2X World Champion), Jake Paterson, Matt Hoy, Kelia Moniz (2X Longboarding World Champion), and Torah Bright (Olympic Gold Medallist) juga turut serta membersihkan Pantai Jimbaran dan Pantai Padma Legian dari sampah.

Kegiatan tersebut merupakan bagian inti dari Bali’s Big Eco Weekend 2015. Alison Watkins, Group Managing Director Coca-Cola Amatil, juga turut menghadiri Bali’s Big Eco Weekend 2015 untuk mendukung komitmen Bali dan Coca-Cola Amatil Indonesia untuk menjalankan bisnis secara berkesinambungan dan tumbuh bersama masyarakat di Bali.

Pada tahun 2010, Coca-Cola Amatil Indonesia dan Quiksilver membangun Kuta Beach Sea Turtle Conservation (KBSTC) sebagai komitmen untuk menjaga ekosistem pantai. Sejak saat itu, jumlah telur yang menetas meningkat secara signifikan dari 1.947 telur selama 6 tahun (2002-2008) menjadi 122.230 telur selama 6 tahun berikutnya (2009-2015). Hari ini, para pengunjung Bali’s Big Eco Weekend turut berpartisipasi dalam pelepasan sekitar 1.000 tukik kembali ke habitatnya.

Pelepasan tukik menutup rangkaian acara Bali’s Beach Eco Weekend 2015 yang menyuguhkan berbagai kegiatan ramah lingkungan. Sehari penuh Bali’s Big Eco Weekend 2015 mencoba menginspirasi para pengunjung untuk bersenang-senang sambil tetap menjaga pantai-pantai di Bali tetap bersih melalui berbagai macam aktifitas termasuk ROXY Challenge Run-Sup-Yoga, meet and greet dengan tim selancar ROXY, Coke Kicks, lifeguard race, pameran CSR, Tari Kecak, dan Beach Clean-up.

Sementara itu, para pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam WSL Quiksilver Uluwatu Surf Challenge 2015 yang diadakan pada Minggu (16/08/2015) bersama para legenda selancar, merupakan bagian dari rangkangkaian acara Bali’s Big Eco Weekend 2015, yang sponsori oleh Coca-Cola Amatil Indonesia dan Kedutaan Besar Australia di Jakarta. (*)

Baca juga