Bendung Penyebaran Covid-19, Presiden Jokowi Memutuskan PPKM Darurat Mulai 3 – 20 Juli

oleh

Jakarta – Pemerintah menyampaikan satu hal yang sangat penting bagi keselamatan masyarakat.

“Saya menyampaikan satu hal yang sangat penting bagi keselamatan kita semuanya,” ujar Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers melalui live streaming Kamis (01/07/2021)

Presiden Jokowi menyampaikan, seperti diketahui pandemi covid-19 dalam beberapa hari terakhir berkembang sangat cepat.

“Karena varian baru yang juga menjadi persoalan serius di banyak negara,” katanya.

Situasi ini, menurut Presiden Jokowi, mengharuskan mengambil langkah langkah yang lebih tegas agar dapat membendung penyebaran covid-19.

“Agar kita dapat bersama sama membendung penyebaran covid-19,” tegasnya.

Setelah banyak mendapat masukan dari menteri, ahli kesehatan, dan juga kepala kepala daerah, Presiden Jokowi memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat.

“Saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat sejak 3 juli hingga 20 juli 2021 khusus di Jawa dan Bali,” tegasnya.

PPKM Darurat ini, kata Presiden Jokowi akan meliputi pembatasan pembatasan aktifitas masyarakat yang lebih ketat daripada yang sudah berlaku selama ini.

Secara terperinci, Presiden Jokowi mengatakan, bagaimana pengaturan baik PPKM Darurat ini dan pihaknya meminta menteri koordinator Marifest untuk menerangkan sejelas jelasnya secara detail mengenai pembatasan ini.

“Saya minta masyarakat berdisiplin mematuhi pengaturan ini demi keselamatan kita semuanya,” pinta Jokowi

Perintah, lanjut Presiden Jokowi mengatakan, akan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada untuk mengatasi penyebaran covid-19.

“Seluruh aparat negara, TNI, Polri maupun aparatur sipil negara, dokter dan tenaga kesehatan harus bahu membahu bekerja sebaik baiknya untuk menangani wabah ini,” katanya.

Jajaran kementerian kesehatan juga terus meningkatkan kapasitas rumah sakit fasilitas isolasi terpusat maupun ketersedian obat obatan, alat kesehatan hingga tangki oksigen

“Saya minta kepada seluruh rakyat indonesia untuk tetap tenang dan waspada mematuhi ketentuan ketentuan yang ada disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dan mendukung kerja kerja aparat pemerintah dan relawan dalam menangani pandemi covid-19 ini,” tuturnya.

Dengan kerjasama yang baik atas ridho Allah Swt Tuhan Yang Maha Esa, Presiden Jokowi berkeyakinan bisa menekan penyebaran covid-19 dan memulihkan kehidupan masyarakat secara cepat.

“Saya yakin kita bisa menekan penyebaran covid-19 dan memulihkan kehidupan masyarakat secara cepat,” tutup Presiden Jokowi.     (irw)