beritasurabayaonline.net
Hukrim

BNNP Jatim Ajak Mahasiswa Baru Unusa Bersih Narkoba

Surabaya – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur mengajak Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) tahun akademik 2023-2024 untuk selalu Bersih Narkoba (Bersinar).

Hal ini diungkapkan Analis Penyuluhan & Layanan Informasi, BNNP Jawa Timu, Sri Artanti Maryani, S.Sos., berdasarkan survei tahun 2021, usia produktif 15 sampai 25 tahun memiliki tingkat pemakaian narkoba yang tinggi. Ganja adalah yang paling banyak digunakan, terutama di Jawa Timur. Rata-rata, pemakaian narkoba di tahun  2021 dan 2022 ini mengalami peningkatan di kalangan remaja.

“Faktor penyebabnya adalah karena mereka tidak memiliki ketahanan diri yang cukup kuat. Mereka sering tidak mampu menolak ajakan dari teman, dan tidak memiliki sikap yang tegas terhadap narkoba. Mereka umumnya tahu tentang dampak negatif narkoba, tetapi seringkali tidak dapat menghindarinya. Selain itu, mereka juga sering kesulitan mengelola stres dan tekanan,” ungkapnya saat memberikan materi di Auditorium Lantai 9 Tower Unusa Kampus B Jemursari Surabaya, Senin (4/9/2023)

Perempuan yang juga sebagai Penyuluh Narkoba Ahli Pertama ini menambahkan, keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk ketahanan diri remaja dan mencegah penyalahgunaan narkoba. Meskipun remaja banyak berinteraksi di sekolah maupun kampus, keluarga harus menjadi landasan utama yang solid. Dengan keluarga yang harmonis dan mendukung, akan lebih mampu menolak godaan narkoba.

“Upaya preventif sangat ditekankan, seperti sosialisasi di perguruan tinggi, serta pembentukan ketahanan diri remaja dan keluarga. Lingkungan juga memiliki pengaruh besar; ketika remaja berada di lingkungan positif, mereka cenderung melakukan hal-hal positif. Namun, saat bergaul dengan orang-orang yang terlibat dalam narkoba, mereka cenderung mencoba-coba karena dipengaruhi oleh teman-teman mereka,” ungkapnya.

Perempuan kelahiran Surabaya, 16 September 1986 ini berpesan kepada remaja, khususnya mahasiswa untuk menjauhi narkoba dan membangun imunitas yang kuat melalui pengelolaan stres dan pemahaman diri. Dengan cara ini, remaja dapat mengubah pengaruh negatif menjadi hal positif.

“Ini merupakan upaya dalam peran kami sebagai penyuluh di BNNP Jawa Timur dalam memberikan informasi dan layanan penyebaran kesadaran mengenai narkoba,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Rektor Unusa, Prof. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng., mengungkapkan, adik-adik mahasiswa sebagai generasi  yang akan memimpin bangsa ini di masa depan harus menjadi orang baik yang tidak boleh berhenti berinvestasi dalam perbuatan baik setiap saat. Mahasiswa dihadapkan pada tantangan luar biasa  berat, termasuk kemandirian di bidang energi, teknologi, dan perekonomian yang bersih dari unsur-unsur merugikan.

“Orang baik harus berani menolak praktik-praktik yang akan merugikan bangsa di masa depan. Untuk menjadi bangsa besar dan bermartabat di tengah pergaulan masyarakat internasional, mereka harus berani berkata tidak dan melatih diri dengan penuh percaya diri. Belajar saja tidak cukup; mereka juga perlu memiliki “social capital” dan “hard skills” serta berkompetensi di era revolusi industri,” ungkapnya.

Jazidie menambahkan, mahasiswa harus mengembangkan kemampuan komunikasi yang baik, bekerja sama dengan orang lain, menghargai orang lain, dan berinovasi adalah hal-hal yang penting. Ini mungkin tidak selalu sesuai dengan disiplin ilmu  yang dipelajari, tetapi harus dikembangkan bersamaan dengan aktivitas kemahasiswaan, seperti berorganisasi. Selain itu, Mahasiswa harus bersih dari narkoba, karena narkoba dapat merusak masa depan.

“Untuk melawan godaan yang mengarah ke narkoba, mahasiswa dapat menghadiri kuliah umum, berpartisipasi dalam diskusi, dan terlibat dalam unit-unit kegiatan mahasiswa (UKM), di Unusa ada UKM Relawan Anti Narkoba (RAN). Kegiatan ini bisa melibatkan para pakar, dan bisa streaming (umum) yang dihadiri oleh banyak orang. Ini merupakan bagian penting dari proses belajar di berbagai disiplin ilmu di Unusa,” ungkapnya. (bro)

Baca juga