beritasurabayaonline.net
Pemerintahan

Digelar Malam Hari, Warga Surabaya Tumplek Blek di Festival Rujak Uleg Surabaya  

Surabaya – Setelah dua tahun tak digelar akibat pandemi, kini warga Kota Surabaya begitu antusias menyaksikan Festival Rujak Uleg Surabaya yang digelar di Jalan Kya-Kya, Kembang Jepun, Surabaya, Minggu (22/5/2022) malam.

Bahkan, mereka tumplek blek di sepanjang jalan tersebut. Acara spektakuler itu juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta Forkopimda Kota Surabaya.

Acara yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 729 itu digelar lebih atraktif. Parade busana hingga penampilan seni mulai dari Barongsai, jaranan, dan tarian tradisional mewarnai panggung rujak uleg itu.

Setelah penampilan seni budaya usai, lalu Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta jajaran Forkopimda Surabaya dan juga tamu kehormatan nguleg rujak bersama-sama di sebuah cobek raksasa. Mereka mengelilingi cobek berdiameter 2,5 meter dengan berat 1,2 ton itu.

Dengan penuh keakraban, mereka pun nguleg bersama. Tak lama kemudian, rujak uleg itu pun jadi, mereka pun membagikannya kepada warga Kota Surabaya yang menyaksikan acara tersebut. Warga pun sangat gembira karena mendapatkan rujak uleg dari Wali Kota Eri, Gubernur dan juga Forkopimda Surabaya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku sangat senang warga Kota Surabaya bisa menyaksikan dan berkumpul kembali di Festival Rujak Uleg itu. Ia juga mengapresiasi antusiasme warga yang sangat luar biasa dalam mengikuti festival tahunan tersebut.

“Saya sangat senang karena yang datang kali ini sangat banyak, insyallah ini akan membawa berkah. Dengan antusiasme yang sangat luar biasa ini, dengan semangatnya warga Kota Surabaya, maka ini akan menjadi kekuatan yang luar biasa untuk lebih mengembangkan Kota Surabaya ke depannya,” kata Wali Kota Eri.

Ia juga mengaku sangat bersyukur karena pada rujak uleg tahun ini, juga bisa diikuti oleh Gubernur Jawa Timur. Makanya, ia pun menyampaikan terimakasih banyak kepada Khofifah karena sudah menyempatkan waktunya untuk hadir di Festival Rujak Uleg itu demi memberikan support dan arahannya. Ia juga berharap ke depannya bisa terus saling bersinergi dan saling menguatkan untuk warga Kota Surabaya.

“Alhamdulillah, hari ini rujak uleg yang biasanya setiap tahun kita gelar, hari ini mendapatkan berkahnya, karena didatangi Ibu Gubernur. Insyallah doanya mustajabah. Soalnya beliau ini bukan hanya seorang Gubernur, tapi juga nyiai, sehingga nanti mohon doanya Bunda,” kata Wali Kota Eri seraya meminta Gubernur Jatim untuk naik ke atas panggung mendoakan dan menyampaikan pesan kepada warga Kota Surabaya.

Seketika itu juga, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa langsung menaiki panggung dan mendoakan semoga warga Kota Surabaya, terutama yang hadir dalam Festival Rujak Uleg itu diberikan keberkahan serta keluasan rezeki. Ia juga berpesan kepada warga Kota Surabaya untuk selalu menjaga persaudaraan demi mengukuhkan dan menjadikan Surabaya hebat.

“Semoga ke depan Festival Rujak Uleg ini  bisa terus digelar. Untuk kebersamaan, kita memohon kepada Allah SubhanahuWaTa’ala, mudah mudahan warga Surabaya, terutama yang hadir dalam acara ini selalu diberikan rezeki yang luas. Persaudaraan dan persatuan kita semua harus bisa menjadikan Surabaya hebat. Seduluran dijogo nggih, mugi-mugi rezeki panjenengan semua berkah,” pesan Khofifah. (*).

Berita Terkait