beritasurabayaonline.net
Sospol

Halal Bihalal Hari Pertama Masuk Kerja, DPRD Surabaya Optimalkan Kinerja

Surabaya – Hari pertama masuk kerja, DPRD Kota Surabaya menggelar halal bihalal, Selasa (16/4/2024).

Kegiatan itu diikuti pimpinan dan para legislator, sekretariat DPRD Kota Surabaya, semua karyawan dan awak media.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin atas semua kesalahan dan khilaf, baik yang disengaja maupun tidak disengaja,” kata Adi Sutarwijono, Ketua DPRD Kota Surabaya dalam sambutan.

Pimpinan DPRD Surabaya hadir lengkap. Selain Adi Sutarwijono, juga Wakil Ketua DPRD Laila Mufidah, AH Thony dan Reni Astuti. Juga hadir pimpinan dan anggota semua komisi.

“Setelah kita menikmati libur Lebaran, hari ini kita mulai bekerja lagi melayani warga masyarakat secara optimal. Sehingga kinerja DPRD Kota Surabaya dapat terus mendorong pertumbuhan masyarakat,” kata Adi.

Dalam acara halal bihalal ditandai dengan saling bersalam-salaman antar semua pimpinan dan anggota DPRD Surabaya, pimpinan sekretariat DPRD, semua ASN dan karyawan, dan wartawan yang hadir. Juga ditandai doa yang dipimpin oleh H. Minun Latief, anggota DPRD Kota Surabaya.

Setelah halal bihalal, semua pimpinan dan anggota komisi melakukan rapat internal, membahas surat-surat yang masuk.

“Besok kami menggelar rapat Badan Musyawarah, membahas laporan sejumlah panitia khusus. Diantaranya yang membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota Surabaya tahun anggaran 2023,” kata Adi.

Dikatakan, DPRD Kota Surabaya terus mengoptimalkan kinerja. Pada fungsi legislasi atau pembuatan peraturan daerah, para legislator dengan berupaya merampungkan pembahasan sejumlah Raperda, memaksimalkan fungsi budgeting atau anggaran, serta mengintensifkan fungsi pengawasan pembangunan dan pemerintahan.

“Kami pergunakan waktu yang tersedia untuk memacu kinerja sesuai fungsi dan kewenangan yang dimiliki, sebelum masa bakti DPRD Kota Surabaya 2019-2024 berakhir. Di tahun ini akan ada pelantikan para legislator baru,” kata Adi Sutarwijono.

Sementara itu, Arif Fathoni Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya menambahkan halal bihalal ini merupakan forum untuk meleburkan semua kekhilafan dan kealpaan yang terjadi di tahun terakhir.

“Pengabdian kita (Anggota DPRD) periode 2019 – 2024,” kata Arif Fathoni.

Meski demikian ia berharap mudah mudahan dengan saling meleburkan diri satu sama lain.

“Kita semua kembali Fitrah,” kata Arif Fathoni akrab disapa Thoni.

Menurut legislator Fraksi Partai Golkar ini, mengingat 50 anggota DPRD Kota Surabaya sehabis kompetisi di pileg dan pilpres kemarin.

“Tentunya yang mananya kompetisi ada kekhilafan dan kealpaan yang muncul sebagai dampak dari kompetisi itu,” ungkap Thoni.

Untuk itu, ia kembali berharap, dengan  ajang halal bihalal ini ingin meleburkan saling memaafkan satu sama lain

“Sehingga tidak ada luka yang tertanam di hari esok,” pungkas Thoni.   (irw)

Baca juga

Leave a Comment