Kabar Baik, Besok Sabtu Minggu, Pasar Kapasan dan PGS Mulai Dibuka Kembali

oleh

Surabaya – Setelah ditutup beberapa hari, Pasar Kapasan dan Pusat Grosir Surabaya (PGS) akan dibuka beroperasi kembali pada besok sabtu dan minggu.

“Ya besok mulai buka (Pasar Kapasan dan PGS),” ujar Agus Heby Djuniantoro Kabag Administrasi dan Perekonomian Usaha Daerah pemkot Surabaya. Jumat (17/04/2020) saat ditemui usai rapat koordinasi dengan Pasar Kapasan dan PGS.

Dibukanya kembali kedua pasar ini, kata Agus, dengan beberapa cacatan, pertama akses masuk dibatasi yang semula ada beberapa pintu masuk, namun kalau pasar kapasan dibuka menjadi 6 pintu.

“Di setiap akses masuk nanti ada bilik strilisasi, hand sanitizer, dan setiap orang yang mau masuk harus lewat situ,” katanya.

Selain itu, Agus menjelaskan, akan membagikan masker untuk penjaga pintu dan kuli panggul agar supaya terlindungi dan terakhir pengukuran suhu tubuh.

“Kalau (suhu tubuh) diatas 38 derajat, tidak boleh berdagang, berjualam ataupun membeli bagi pengunjung pasar, dan ini protokol kesehatan yang harus dilaksanakan,” tuturnya,

Untuk itu, Pihaknya berharap, kedepan yang ODP tersebut tidak menulari ke yang lainnya.

“Besok kita juga siapkan seprotan dan kipas angin serta hand sanitizer,” ungkapnya.

Sementara itu, (Plt) Dirut PD Pasar Surya Muhibuddin menambahkan, besok sabtu (18/04/2020) pasar kapasan buka beroperasi kembali dan pihaknya segera menyiapkan infasktrutur yang ada disana (Pasar Kapasan).

“Seperti bilik strilisasi, dan tempat cuci tangan, namun itu belum trial, dicoba dan dites untuk memastikan agar semuanya itu berjalan,” ujar Muhibuddin.

Selain itu, Muhibuddin menegaskan, ada beberapa persyaratan yang tidak berat, salah satunya penggunaan alat pelindung diri (APD) bagi petugas yang belum disiapkan.

“Kalau yang lainnya sudah (Siap) dan tidak ada pengecualian serta pedagang pun juga harus ikut, jangan sampai ada masalah seperti itu lagi, karena kalau nggak bisa tutup lagi,” pungkasnya. (irw)