beritasurabayaonline.net
Pemerintahan

Layani Pelanggan, PDAM Pasang Reservoir Cluster Dan Pompa Booster Di Dukuh Gendong

foto-pdam-surya-sembada-kota-surabaya-tinjau-lokasi-pemasangan-alat-reservoir-cluster-dan-pompa-booster-di-dukuh-gendong-kelurahan-romokalisari-kecamatan-benowo-surabaya
foto-PDAM-Surya-Sembada-Kota-Surabaya-Tinjau-Lokasi-Pemasangan-Alat-Reservoir-Cluster-Dan-Pompa-Booster-Di-Dukuh-Gendong-Kelurahan-Romokalisari-Kecamatan-Benowo-Surabaya

Surabaya – BSO – Guna melayani pelanggan tertentu terutama yang sulit dijangkau oleh aliran air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), saat ini PDAM Surya Sembada telah memasang alat Reservoir Cluster dan Pompa Booster, di Dukuh Gendong, Kelurahan Romokalisari, Kecamatan Benowo, Wonosari Kelurahan Ujung, dan Kecamatan Semampir-Surabaya.

Pjs Direktur Utama PDAM Surya Sembada, Sunarno, mengatakan, alat Reservoir Cluster ini khususnya ditujukan untuk menjangkau wilayah yang distribusi tekanan airnya rendah, utamanya wilayah dengan kontur tanah yang tinggi. Contohnya, di Kelurahan Made, Kecamatan Sambikerep atau di wilayah yang jaraknya sangat jauh dari IPAM (Instalasi Pengolahan Air Minum).

“ Kita pasang alat Reservoir Cluster dan Pompa Booster di Dukuh Gendong Kecamatan Benowo agar warga bisa menikmati air bersih dari PDAM.”Ujarnya. Senin (14/11/2016).

Sunarno, menjelaskan, sifat tanah di Dukuh Gendong Kecamatan Benowo ini sulit untuk dijangkau aliran air dari PDAM karena memiliki kontur tanah yang tinggi. Nah, untuk bisa mengantisipasi hal tersebut selain membuat reservoir distribusi kapasitas besar, PDAM Surya Sembada juga membangun rerservoir cluster 5 s/d 15m dilengkapi dengan pompa booster untuk memaksimalkan tekanan distribusi air.

“ Reservoir Cluster juga dipasang guna percepatan proses normalisasi apabila sewaktu-waktu ada gangguan air. Reservoir Cluster ini kedepan akan dibuat sebanyak mungkin di wilayah-wilayah tertentu cukup membantu kontinuitas aliran air ke pelanggan.”katanya.

lanjut, Sunarno, mengatakan, di Dukuh Gendong Kelurahan Romokalisari, ada 79 kepala keluarga yang menjadi pelanggan PDAM, dengan layanan air sebanyak 400 jiwa. Dengan pemasangan Reservoir Cluster ini tentunya warga di Dukuh Gendong di kelurahan Romokalisari tetap dapat menikmati layanan air bersih dari PDAM Surya Sembada, meski jaraknya jauh dengan IPAM.

Masih Sunarno menerangkan, Untuk saat jumlah pelanggan PDAM sudah mencapai 547.000 Sambungan Rumah dan cakupan pelayanan sebesar 95,30 persen. Dari jumlah tersebut PDAM Surya Sembada merupakan jumlah pelanggan terbanyak dari PDAM seluruh Indonesia untuk kategori Kota Metropolis.

Maka untuk itu, dengan jumlah pelanggan yang cukup besar tersebut, PDAM Surya Sembada harus bekerja keras untuk melayani kebutuhan distribusi air minum warga Kota Surabaya yang jumlahnya kurang lebih tiga juta jiwa dari segi kontinuitas, kualitas, dan kuantitas

“ Untuk melayani kebutuhan pelanggan tersebut PDAM Surya Sembada mengandalkan kapasitas produksi terpasang 10.830 liter/detik dari enam IPAM atau Instalasi Pengolahan Air Minum.”ungkapnya.

Usai menggelar press release PDAM Surya Sembada Kota Surabaya bersama sejumlah awak media langsung meninjau lokasi pemasangan alat Reservoir Cluster dan Pompa Booster di Dukuh Gendong Kelurahan Romokalisari Kecamatan Benowo Surabaya disaksikan dengan salah satu warga setempat.

Dengan adanya instalasi alat Reservoir Cluster dan Pompa Booste di Dukuh Gendong Kelurahan Romokalisari, salah satu warga mengatakan, Sejak tiga bulan yang lalu banyak warga yang mengeluh tidak bisa mendapat air bersih dari PDAM karena banyak pipa yang bocor akibat banyaknya truk sampah yang melintas di jalan ini yang menimbulkan getaran.

” Alhamdulillah dengan adanya pipa ini warga bisa menikmati air bersih lagi, dan kami mengucapkan terima kasih pada PDAM Kota Surabaya karena sudah menanggapi keluhan warga,” Ucap Kasiono ketua RW 03 Dukuh Gendong Kelurahan Romokalisari. (irw)

Advertorial

                            Advertorial

Baca juga