beritasurabayaonline.net
Hukrim

Ngaku Anggota Wara Lakukan Penipuan Pelaku Diamankan Polisi

www.BeritaSurabayaOnline.com – Jejaring Sosial Facebook (FB) dan BBM kembali di salah gunakan oleh Yulianti (31) warga Jl.Siwalan Kerto No.244 yang mengaku sebagai Anggota Wanita TNI AU (WARA) di Mabes TNI Jakarta.

Dalam akun yang diberi nama Chibi Mega Chakti tersebut digunakan tersangka untuk melakukan penipuan dengan dalih bisa meloloskan calon pencari kerja pada instansi tertentu.

Tersangka YL mengaku kepada teman maupun rekannya melalui akunnya bahwa ada pendaftaran Polsuska dan karyawan Bank Indonesia dengan membayar sejumlah uang pelicin.

Janda 2 anak asli dari Purwoasri, Kediri ini mengaku hanya dengan omongan saja untuk melakukan penipuan kepada para korbannya karena tersangka sendiri pernah menjadi karyawan honorer di Mako Kostrad Jakarta pada 2011 hingga 2012.

“Pernah kerja di Mako Kostrad jadi sedikit banyak tau cara dan bisa meyakinkan korban.Untuk Polsuska biayanya 3 juta dan 1.700 ribu untuk calon karyawan Bank”,imbuh YT,Rabu (20/01/2016).

Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya Kompol Lily Djafar membenarkan adanya penangkapan anggota Wara palsu tersebut yang melakukan penipuan lewat akun FB dan BBM hingga korban mencapai 35 orang yang melapor.

“Pelaku pernah bekerja sebagai tenaga honorer di Mabes Kostrad Jakata,bahkan dari penipuan tersangka ada juga anggota TNI yang jadi korban”,jelas Lily.

Lily menambahkan, jika ada warga masyarakat yang merasa tertipu oleh tersangka bisa melapor ke pihak Kepolisian agar korban dari penipuan Wara palsu ini bisa terungkap semuanya.

Sementara itu, Tersangka YL akan dijerat pasal 378 KUHP dengan ancaman penjara 4 Tahun.Polisi juga mengamankan foto copy kwitansi pembayaran dari korban,bukti tranfer dan 1 ATM BRI. (irw/Ko)

Baca juga