beritasurabayaonline.net
Pemerintahan

Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha Tahun 2023 di RPH Mencapai 160

Surabaya – Pemotongan hewan kurban di hari raya idul Adha 1444 H dengan menggunakan jasa rumah potong hewan (RPH) Penggirian Surabaya di mulai 28 Juni hingga 2 Juli 2023

“Kami melaksanakan pemotongan hewan kurban mulai 28 Juni sampai 2 Juli 2023,” ujar Fajar A Isnugroho Direktur Utama  (Dirut) PD Rumah Potong Hewan (RPH)  Kota Surabaya. Kamis (29/6/2023) saat ditemui wartawan.

Untuk yang melaksanakan pemotongan hewan kurban pada hari Rabu 28 Juni kemarin, pihaknya menghormati

“Kita menghormati bagi yang melakukan pemotongan hewan kurban pada hari Rabu 28 Juni kemarin,” kata Fajar

Begitu pula bagi yang melaksanakan pemotongan hewan kurban pada hari Rabu 29 Juni ini, pihaknya juga memfasilitasi sampai  dengan hari terakhir.

“Sekitar ada 160 yang sudah daftar selama 5 hari dan akan kita layani,” kata Fajar

Layanan pemotongan hewan kurban ini Ia menjelaskan, menggunakan dengan sistem potong kemas kirim atau potong lepas tulang.

“Tapi mayoritas masih memilih potong kemas kirim yang lebih praktis, bersih, tidak repot dan panitia hanya tinggal  membagikan saja,” terang Fajar

Terkait biaya pemotongan hewan kurban, pihaknya menyebutkan, sebesar 2,5 juta per/ekor  sapi meliputi jasa potong, kemas, dan kirim

“Sedangkan untuk jasa potong dan lepas tulang sebesar 1,8 juta per/ekor sapi,” kata Fajar

Potong lepas tulang ini, ia menambahkan, artinya dalam bentuk daging besar yang bisa di pecah pecah dan dikemas oleh panitia sendiri.

“Intinya bukan bentuk kemasan ya, tapi dalam bentuk potongan daging yang besar besar,” kata Fajar

Jumlah pemotongan hewan kurban tahun ini, lanjut ia, masih normal sekitar 160 ekor sapi dibanding dengan tahun sebelumnya.

“Artinya itu masih normal lah,” pungkas Fajar. (irw)

Baca juga