beritasurabayaonline.net
Lifestyle

Peringati Hari Pahlawan, LPMK Sukomanunggal Gelar Karnaval Terlihat Meriah

Surabaya – Berbagai macam kegiatan acara melibatkan warga kota surabaya dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 november mulai, drama triatikal, baca puisi, orasi, hingga karnaval bertema kepahlawan, salah satu kegiatan acara karnaval yang diikuti seluruh RT Se wilayah Kelurahan Suko Manunggal Surabaya terlihat meriah.

Kegiatan acara karnawal digelar oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kelurahan Sukomanunggal Surabaya ini, Kegiatan acara karnaval ini untuk warga masyarakat dalam rangka memperingati hari pahlawan, sekaligus mengingatkan pada warga masyarakat, bahwa perjuangan untuk merebutkan kemerdekaan tidak semudah.

“Untuk merebut kemerdekaan tidak semudah yang kita bayangkan, tetapi sekarang ini kita bisa menjadi pahlawan, seperti pahlawan lingkungan dan lain sebagainya,” Ujar Tutik Widajati Ketua LPMK Kelurahan Sukomanunggal.

foto peserta karnaval
foto peserta karnaval

Kegiatan acara karnaval ini, Kata Tutik, Untuk menggalang solidaritas untuk membangun rasa gotong royong dan kerja sama antar RT dan RW se wilayah kelurahan Sukomanunggal hal ini terbukti dengan beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam tiap pertemuan kegiatan merupakan bukti kerja sama.

“Kerja sama inilah kita yang harapkan, agar kedepannya terus ditingkatkan gotong royong di wilayah kelurahan sukomanunggal,” Katanya, ditemui disela-sela acara. Minggu (12/11/2017) sore hari.

Kegiatan acara karnaval diikuti sebanyak 500 peserta terbagi dalam 30 regu (tim) beranggotaan 10 orang dari masing-masing RT Se-wilayah kelurahan Sukomanunggal, berbagai macam busana ditampilkan, mulai busana perjuangan kepahlawan, busana daerah, busana kreatif, hingga busana unik dilepas oleh Lurah Sukomanunggal Surabaya.

Lurah Sukomanunggal Surabaya menyampaikan, Kegiatan acara karnaval ini dalam rangka hari pahlawan ini sangat positif dan bagus yang dipelopori oleh LPMK Kelurahan Sukomanunggal, sekaligus merupakan ajang silaturahim untuk menggalang rasa gotong royong kebersamaan dengan warga masyarakat.

“Event karnaval ini sangat positif dan bagus untuk menumbuh kembangkan semangat jiwa kepahlawanan untuk mengisi kemerdekaan yang sudah kita nikmati bersama ini,” Ujar Djahuri Sugianto Lurah Sukomanunggal Surabaya.

foto peserta karnaval
foto peserta karnaval

Kegiatan acara karnaval ini, Djahuri berpesan, Kegiatan ini bukan hanya seremonial saja, tetapi juga menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan perjuangan 10 november yang dimotori arek-arek suroboyo waktu itu, dan ini bisa menjadi contoh semangat bagi warga masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan acara ini, bisa menyemangati warga masyarakat untuk bisa lebih terlibat segala kegiatan lainnya,” Imbaunya.

Acara karnaval melibatkan warga masyarakat sebanyak 500 peserta ini mendapat apreasi respon positif dari warga setempat yang antusias menyaksikan di sepanjang jalan rute yang dilalui peserta karnaval,” Acara ini Bagus sekali mas selain menghibur juga punya kesan dalam memperingati hari pahlawan ini,” Kata Bambang warga donowati kelurahan sukomanunggal.

Selain warga masyarakat yang menyaksikan, Salah satu peserta karnaval juga mengatakan, Ia merasa sangat senang bisa mengikuti acara karnaval dalam rangka memperingati hari pahlawan ini, ”kita sebagai generasi muda harus menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan, dengan mengisi kegiatan yang positif seperti ini,” Ucap Ayu Wulandari Puspita Sari

Sementara itu, Kemeriahan para peserta dalam meragakan berbagai jenis busana yang ditampilkan para peserta juga mendapat penilaian dari dewan juri, antara lain, Kesuaian tema, disiplin selama rute perjalanan, kreatifitas, dan inovasi dalam berbusana, Selain itu peserta juga dihibur musik live electone menambah semarak dan kemeriahan acara ini. (irw)

 

Baca juga