beritasurabayaonline.net
Lifestyle

PT PRIA Manfaatkan Limbah Industri Jadi Bahan Produksi Bermanfaat

Proses Pemanfaatan Limbah Industri.
foto PT PRIA manfaatkan limbah industri jadi bahan produksi 5www.beritasurabayaonline.com – Pemanfaatan limbah dari beberapa jenis limbah diubah oleh PT Putra Restu Ibu Abadi (PRIA) menjadi bahan produksi yang bisa bermanfaat dan berguna bagi manusia dikerjakan dari tangan terampil para pekerja yang umumnya berasal dari warga sekitar di Desa Lakardowo Kecamatan Jetis Mojokerto jawa – timur.

Hal ini disampaikan Manajer Bisnis Development PT PRIA, berlokasi di Desa Lakardowo Kecamatan Jetis Mojokerto jawa – timur. Christine ‎Dwi Arini mengatakan, Jenis limbah yang diterima dan bisa dapat dimanfaatkan oleh PT PRIA ini terdiri dari jenis dan karakteritis limbah itu sendiri yang nanti akan di camtumkan dalam buku manivest atau surat pengiriman di B3

“Ada 2 jenis limbah yang diterima PT PRIA yakni, Limbah padat dan limbah cair,” Katanya. Jumat (24/06/2016) ditemui disela sela kunjungan awak media.

Menurut Christine menjelaskan, Kalu Jenis limbah padat ini bisa dilihat dari golongan atau Karakteritisnya yang mana limbahnya bisa olah dan dimanfaatkan menjadi bahan produtif seperti Batako, Bata Merah, Basing Plan, Beton Siap Pakai atau sebaliknya harus di musnahkan, Itu bisa dilihat dari golongan atau karakritisnya

“Sedangkan untuk limbah cair itu bisa diubah menjadi air bersih tapi bukan untuk diminum,” Jelasnya.

Dalam proses limbah industri yang diterima dan diolah menjadi bahan produksi oleh PT PRIA Lanjut Christine mengungkapkan, Limbah industri yang diterima oleh PT PRIA pertama ditempatkan di gudang C yang berfungsi sebagai pemanfaatan bata merah dari jenis karakritis limbahnya dari keramik.

“Seperti tanah terkontaminasi kita trekretment menjadi tanah Kle, lalu kita manfaatkan juga menjadi produksi bata merah,” Ungkapkanya.

Dari gudang C, Lanjut Christine menerangkan,Setelah dari gudang C, selanjutnya ke gudang Basing Plan (Cor) siap pakai,prosesnya Jadi plai as di campur dengan bahan semen, koral, dan beberapa bahan yang lain untuk dijadikan bahan baku seperti cor, cor ini bisa untuk cor jalan atau pembuatan produk dari cor seperti Beton.

Dari gudang Basing plan yang memproduksi bahan (COR) yang siap pakai, Masih Christine menceritakan, Di gudang batako multi blok ini, Pembuatannya menggunakan mesin otomatis kemudian menjadi bahan produk Batako,dibantu dengan tangan tangan terampil para pekerja yang berasal dari warga sekitarnya sini.

Di gudang multi blok yang memproduksi batako yang menggunakan dengan mesin otomatis dibantu tangan tangan terampil para pekerja berasal dari warga sekitar PT PRIA ini,Masih Christine menerangkan, Di gudang WWTP ini tempat sebagai pengelolaan jenis limbah cair mengubah air limbah menjadi air bersih baku mutu, tapi bukan untuk air minum.

“untuk air limbah (Cair) ini kita olah menjadi air bersih dengan menggunakan alat mesin Elektro Coagulasi,” Tuturnya.

Selain itu, Christine menambahkan, Di gudang kertas ini kita menmanfaatkan jenis limbah selat ipal dari pabrik kertas untuk coba kita manfaatkan menjadi Greet paper atau bikin kertas meskipun dengan kwalitas rendah tapi bukan rendahan, namun juga bisa digunakan sebagai bahan sol sepatu,tas atau produk yang dalamnya bantex

Di akhir kunjungan di beberapat tempat gudang berfungsi sebagai proses pemanfaatan dari jenis limbah industri tersebut, di gudang terakhir tempat Issonator, Christine mengatakan, Gudang ini untuk memusnahkan limbah limbah yang tidak bisa dimanfaatkan lagi artinya limbah limbah yang tidak memiliki nilai manfaat.

“Dari situlah limbah tidak memiliki nilai manfaat dimusnahkan ke dalam mesin Issonator setelah itu kita kirimkan ke pihak ketiga yang punya izin untuk mengelolah,” Tutur wanita berparas murah senyum ini. (irw)

Baca juga