Tingkatkan Jumlah Merchant, Bank Indonesia Bakal Gelar Pekan QRIS

oleh

Surabaya – Bank Indonesia (BI) menggelar pekan QRIS (QR Code Standard Indonesian) serentak di seluruh Kantor perwakilan Bank Indonesia.

Salah satunya Kantor Perwakilan Bank Indonesia wilayah jawa timur menggelar pekan QRIS bertajuk “Nggawe QRIS Rek” mulai 9 – 15 maret 2020.

“Pekan QRIS itu ada dua segmen, pertama privent minggu sekarang isinya customer fokus melalui media masa,” ujar Imam Subarkah Deputi Kepala Perwakilan BI (KPw BI) Provinsi Jawa Timur, Kamis (05/03/2020) siang.

Imam menjelaskan, kedua adalah eventnya fokus ke merchant dan menargetkan penambahan perluasan jumlah merchant yang terhubung dengan PJSP (Penyelenggara Jasa Sistim Pembayaran) menggunakan QRIS.

“Sasarannya mulai UMKM, rumah ibadah atau rumah sosial, milenial, pasar tradisional dan UMKM menengah di sejumlah pasar surabaya,” paparnya.

Lebih lanjut Imam mengatakan, puncak pekan QRIS pada 15 maret ada pesta rakyat yang akan menghubungkan merchant terpilih untuk dilokasi pameran (BI) dan juga penjualan yang menggunakan QRIS serta penambahan merchant dilokasi.

“Kami harapkan di 15 maret 2020 jumlah merchant yang terhubung dengan QRIS akan meningkat di jawa timur,” katanya.

Imam menjelaskan, kegiatan ini bukan hanya di pekan ini, tentunya akan dilanjutkan pada tahun 2020 ini dan total data merchant ada 2,790.000 secara nasional.

“Kalau di jawa timur ada 333 ribu dan di surabaya ada 144 ribu,” pungkasnya. (irw)