Wali Kota Siap Dukung Komunitas #bicarasurabaya Gelar “Suroboyo Pedes”

oleh
Foto Komunitas #Bicarasurabaya Temui Wali Kota Surabaya
Foto Komunitas #Bicarasurabaya Temui Wali Kota Surabaya

Surabaya – BSO – Komunitas #bicarasurabaya berencana menggelar acara menanam cabai serentak dengan gerakan “Tanam 1 juta bibit Cabai” disertai dengan tagline “Suroboyo Pedes”. Gerakan ini rencananya akan digelar pada Bulan Maret menjelang peringatan Hari Bumi.

Ketua Panitia Suroboyo Pedes, Kusnan, menjelaskan acara ini untuk meringankan beban masyarakat terhadap kebutuhannya pada Cabai yang akhir-akhir ini melonjak naik. Nantinya, Komunitas #bicarasurabaya mengumpulkan bibit cabai, dan selanjutnya mengggandeng masyarakat dan beberapa elemen masyarakat serta komunitas lain untuk melakukan penanamannya sekaligus perawatannya.

“Jadi, nanti kita akan menanam serentak di beberapa titik di Kota Surabaya. Kami siapkan bibitnya untuk ditanam serentak bersama komunitas lain dan beberapa elemen masyarakat,” kata Kusnan, Selasa, (22/2/2017).

Dalam merealisasikan acara ini, pihaknya akan intens berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya untuk mendapatkan dukungan. Sebab, lahan-lahan yang akan ditanami nantinya akan memanfaatkan lahan aset milik Pemkot Surabaya, salah satunya di sepanjang stren Kalimas Surabaya.

“Tentu saja kami akan koordinasikan pelaksanaan kegiatan ini ke Pemkot Surabaya, khususnya dengan Ibu Wali Kota, karena kami butuh restu terkait pemanfaatan beberapa titik lahan yang merupakan aset milik Pemkot,” kata dia.

Makanya, jajaran panitia Suroboyo Pedes menghadap langsung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di ruang kerjanya, Pada kesempatan itu, ketua panitia Kusnan menjelaskan secara detail ide-ide kreatif itu, sehingga dengan tanpa banyak pikir Risma langsung menyetujui acara tersebut. “Iya wes. Bagus itu,” kata Risma kepada jajaran panitia yang menghadap itu.

Bahkan, Risma juga berinisiatif ingin mencarikan lahan-lahan yang bisa ditanami itu. Ia juga berusaha akan menyediakan bibit Cabai dengan menyuruh kepada Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Djoestamadji, untuk menanam bibit Cabai. “Cobalah nanti aku nyuruh Pak Djoestamadji untuk menanam lebih banyak,” kata dia.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini juga sangat mendukung apabila seluruh SKPD Pemkot Surabaya menanam Cabai di kantornya masing-masing. Ia juga memastikan bahwa selama ini sudah banyak bibit yang dibagikan kepada warga supaya menanam Cabai. (red/bs)