beritasurabayaonline.net
Pemerintahan

Warga Rungkut Kidul Dapat Bantuan Progam RSDK Dinsos Surabaya

foto acara penyerahan kunci rumah renovasi progam rsdk dinas sosial surabaya
foto acara penyerahan kunci rumah renovasi progam rsdk dinas sosial surabaya

Surabaya – BSO – Pemerintah Kota Surabaya dengan progam Rehabilitasi Sosial Daerah Kumuh (RSDK) melalui Dinas Sosial telah menyelesaikan bantuan renovasi rumah tidak layak huni menjadi layak huni bagi warga kurang mampu dengan menyerahkan kunci rumah renovasi kepada warga kelurahan rungkut kidul surabaya secara simbolis.

“Ada tujuh rumah warga kurang mampu yang tidak layak huni direnovasi menjadi layak huni mendapat progam RSDK dari Dinas Sosial Surabaya,” Kata Lurah Rungkut Kidul Surabaya Diah Ernawati Andayani pada wartawan ditemui usai penyerahan kunci rumah renovasi.

Diah Ernawati mengatakan, Pada tahun 2016 wilayah Kelurahan Rungkut Kidul Surabaya mendapat bantuan Progam RSDK dari Dinas Sosial Kota Surabaya yang diberikan kepada rumah warga yang tidak layak huni menjadi layak huni dengan melalui survei dilokasi rumah warga yang kurang mampu.

“Untuk memperoleh progam bantuan RSDK ini sebelumnya kita sudah melakukan survei dan beberapa kreteria penilaian warga kurang mampu,” Jelasnya.

foto acara penyerahan kunci rumah renovasi progam rsdk dinas sosial surabaya
foto acara penyerahan kunci rumah renovasi progam rsdk dinas sosial surabaya

Lanjut Diah Ernawati menjelaskan, Sebenarnya cukup banyak rumah warga yang tidak layak huni kita usulkan namun setelah di verifikasi yang mendapat progam bantuan RSDK ini hanya tujuh rumah tetapi untuk tahun 2017 ini kita berupaya mengusulkan lebih banyak lagi kepada dinas sosial.

“Bantuan yang diterima senilai 25 juta untuk satu unit rumah digunakan untuk membangun atau merenovasi rumah menjadi layak huni,” Jelasnya. Jumat (27/01/2017) malam hari.

Hal sama Ketua Lembaga Perdayaan Masyarakat Kota (LPMK) Kelurahan Rungkut Kidul mengatakan, Progam RSDK Dinas Sosial Surabaya ini sudah dimulai sejak tahun 2016 kemarin dengan membangun dan merenovasi rumah tidak layak menjadi layak huni bagi warga yang kurang mampu.

“Ada tujuh rumah yang mendapat progam bantuan RSDK mulai RW 1 sampai dengan RW VI Kelurahan Rungkut Kidul dan ini menjadi kebanggaan bagi mereka (Warga kurang Mampu),” Yudi Gunawan.

foto salah satu rumah warga renovasi bantuan progam rsdk dinas sosial surabaya
foto salah satu rumah warga renovasi bantuan progam rsdk dinas sosial surabaya

Mewakili tujuh warga kurang mampu yang mendapat bantuan progam RSDK ini, Yudi menyampaikan, Rasa terima kasih kepada Wali Kota Surabaya dan Dinas Sosial Surabaya yang telah memberikan progam bantuan RSDK kepada warga rungkut kidul serta kelurahan rungkut kidul juga ikut serta memfasilitasi bantuan ini.

“Kami berharap tahun 2017 usulan bantuan RSDK ini bisa lebih banyak lagi diberikan kepada warga sebab senilai 25 juta per rumah tentunya masih kurang digunakan untuk merenovasi atau membedah secara total rumah,” Ujarnya.

Dari tujuh rumah warga penerima bantuan progam RSDK salah satu warga menyampaikan, Rasa terima kasih kepada Ibu Wali Kota Surabaya Tri RismaHarini yang sudah membantu dirinya sehingga rumahnya bisa dihuni dengan layak dan tidak kebanjiran di saat hujan deras melanda dikampungnya.

“Alhamdulillah senang sekali rumah saya diperbaiki sehingga saya bersama keluarga bisa menempati dengan layak,” Ucap Ibu Sueb warga RT III RW V Kelurahan Rungkut Kidul Surabaya.

Sementara itu, Acara penyerahan kunci rumah renovasi tidak layak huni menjadi layak huni kepada tujuh warga kurang mampu secara simbilis diwilayah Rungkut Kidul Surabaya ini disaksikan oleh Danramil Rungkut dan ketua Lembaga Perdayaan Masyarakat Kota (LPMK) serta beberapa tokoh masyarakat lainnya. (irw)

Berikut Nama-Nama Warga Rungkut Kidul Dapat Bantuan RSDK Dinas Sosial Surabaya :

1. Bpk Yani Haru rt 01 rw 01
2. Bu Suryana Rt 04 Rw 02
3. Bu Winarti Rt 04 Rw 03
4. Bp Nur Khomari Rt 04 Rw 03
5. Bu Psikiatri Rt 05 Rw 04
6. Bp Surin Rt 03 Rw 05
7. Bu Nailil Munah Rt 0 02 Rw 06

 

Baca juga