beritasurabayaonline.net
Sospol

Ziarah ke TMP, A.Hermas Thony : Spirit Kepahlawanan Tertanam 

Surabaya – Pertempuran 10 November  tak luput dari jasa besar para pejuang. Tak bisa kita lupakan begitu saja, jasa besar para pahlawan memberi arti yang penting bagi kita generasi muda untuk tetap mengenal para pahlawan untuk tumbuh dan membesarkan bangsa ini.

Hal ini yang juga membuat Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya AH Thony memaknai wujud perjuangan saat ini dengan menghargai jasa para pahlawan.

Menurut Thony hal ini menjadi bukti nyata kepedulian DPRD Kota Surabaya pada pejuang bangsa. Kita dapat belajar, bahwa ketulusan dan keikhlasan tak butuh pengakuan.

“Hari pahlawan 10 November menjadi momentum tepat untuk menilik kembali perjuangan pahlawan bangsa. cuma menziarahi, tapi Hari Pahlawan juga menjadi waktu untuk melihat pada diri sendiri. Sejauh mana spirit kepahlawan telah tertanam,”katanya. Senin (09/11/2020) sore.

Thony pun menyempatkan diri untuk  berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Surabaya di Jl. Kusuma Bangsa.

Bagi dia moment ini sangat memberi arti mendalam dimana tersimpan nilai kepahlawan. Dimakam tersebut ribuan pahlawan gugur dengan tanpa identitas mereka rela mati untuk memperebut Surabaya dari tangan Sekutu.

Thony mengaku TMP menjadi tempat monumental dengan cerita sejarah. Mereka yang dimakamkan disana adalah para kusuma bangsa yang memiliki semangat tinggi mempertahankan negara dari penjajah. Oleh karena itu dimomen sakral dan bersejarah inilah mengajak para kaum milenial dapat mengambil nilai dan keteladanan dari para pahlawan.

“Kita berharap agar ketulusan dan keikhlasan para pahlawan tersebut bisa dijadikan contoh. Tak hanya saat Hari Pahlawan saja, namun juga harus diterapkan setiap hari,” katanya.

Menurutnya setiap pribadi adalah pahlawan. Tak ada salahnya berlomba menjadi yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

“Mari menjadi teladan dengan ketulusan dan keikhlasan menolong dari para pahlawan terdahulu,”pungkasnya. (irw/mat)

Baca juga