Antisipasi Petugas KPPS Meninggal, Mahasiswa FIK UMSurabaya Buka Posko Kesehatan

oleh

Surabaya – Mendengar kabar pemberitaan di media masa, banyaknya Kelompok Kerja Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia hingga mengalami jatuh sakit disebabkan faktor kelelahan pada saat tugas proses pelaksanaan pesta demokrasi serentak 2019 diseluruh indonesia.

Hal tersebut mendapat respon serius sejumlah kalangan, salah satunya dari Mahasiswa Fakultas Imu Kedokteran (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya membuka Posko Pelayanan Kesehatan untuk pahlawan demokrasi di halaman Kantor Kecamatan Mulyorejo Surabaya.

“Kami sangat prihatin sekali atas banyaknya petugas KPPS diketahui meninggal dunia bahkan ada yang jatuh sakit usai melaksanakan tugasnya,” ujar Dr Mundakir S, Kep, Ns, M.Kep. kamis (25/04/2019) siang.

Kejadian tersebut, menurut Dekan Universitas Muhammadiyah Surabaya ini, kemungkinan besar disebabkan oleh faktor kelelahan ataupun kecapekan, untuk itu, pihaknya membuka posko pelayanan kesehatan untuk pahlawan demokrasi (KPPS/PPK) .

“Secara kebetulan posko kesehatan ini bersamaan dengan kegiatan praktek mahasiswa yang sedang melaksanakan tugas Progam Kesehatan Masyarakat di wilayah kerja ini,” katanya.

Dengan adanya posko pelayanan kesehatan ini, Ia menjelaskan, untuk antisipasi sekaligus mencegah agar kejadian tersebut jangan sampai terulang kembali mengingat sudah banyak petugas KPPS meninggal dunia hingga mengalami jatuh sakit.

“Pemeriksaan kesehatan dimulai dari kesehatan dasar hingga sampai laborat, seperti cek tekanan darah tinggi, GDA dan Colesterol ini agar bisa dimanfaatkan dengan baik,” paparnya.

Ia menambahkan, Posko pelayanan kesehatan bisa dimanfaatkan oleh Petugas KPPS dan PPK yang terbagi dalam dua shif mulai pagi dan sore hari hingga sampai selesainya perhitungan suara di tingkat Kecamtan Mulyorejo Surabaya.

“Ada 30 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan yang diterjunkan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi petugas KPPS atau PPK termasuk juga petugas pengamanan pemilu 2019 baik dari kepolisian maupun TNI,” imbuhnya.

Posko Pelayanan Kesehatan untuk Pahlawan Demokrasi bagi Petugas KPPS dan PPK serta Petugas Pengamanan Pemilu 2019 ini mendapat apreasi dan respon positif dari Muspika kecamatan Mulyorejo Surabaya.

“Kami sangat mengapreasi Posko Pelayanan Kesehatan bagi petugas KPPS dan PPK digelar oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya,” ucap Dedik mewakili Drs. Sair, MM Camat Mulyorejo Surabaya. (irw)

No More Posts Available.

No more pages to load.