Buka Pameran Foto, Gus Ipul Berharap KBS Dikelola lebih Baik Lagi Secara Profesional

oleh
Foto Wagub Jatim Gus Ipul Buka Pameran Foto KBS
Foto Wagub Jatim Gus Ipul Buka Pameran Foto KBS

Surabaya – BSO – Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL) bersama berbagai elemen masyarakat yakni, Surabaya Punya Cerita, Turun Tangan Surabaya, Surabaya Tempo Dulu, Rumah Belajar Pandawa menggelar Pameran Foto dalam rangka kado Ulang Tahun Kebun Binatang Surabaya (KBS) menyongsong Abad Ke II dibuka oleh Wakil Gubenur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul)

“Pameran foto KBS ini sangat baik karena masih ada yang peduli meskipun beberapa elemen masyarakat mengadakan ini dengan upaya dan biaya sendiri,” Kata Gus Ipul. Kamis (19/06/2017) Sore hari.

Dalam Pameran Foto KBS ini, Gus Ipul mengatakan, Pameran foto-foto Ini melahirkan karya seperti menulis sejarah, Jadi dengan adanya foto – foto ini KBS ini mereka juga menulis sejarah yang merupakan inspirasi dari mereka yang juga ikut peduli dengan Kebun Binatang Surabaya (KBS)

“Adanya pameran foto-foto KBS ini agar warga masyarakat surabaya bisa mengerti dan peduli bahwa satwa-satwa ini termasuk juga ciptaan Tuhan yang harus kita sayangi juga,” Jelasnya.

Wakil Gubenur Jawa Timur Berharap, Kedepannya agar Kebun Binatang Surabaya ini yang merupakan Icon kota surabaya untuk bisa dikelola lebih baik lagi sehingga menjadi tempat wisata yang nyaman untuk tempat rekreasi dan sekaligus memotivasi masyarakat untuk mencintai dan peduli dengan Lingkungan.

Foto Pameran Foto KBS Dari Masa Ke Masa Dan Peluncuran Buku Bonbin Dalam Kisah Dan Tjerita.
Foto Pameran Foto KBS Dari Masa Ke Masa Dan Peluncuran Buku Bonbin Dalam Kisah Dan Tjerita.

“Kalau kebun binatang ini dikelola dengan baik artinya kita ikut peduli sehingga melahirkan rasa cinta yang kuat terhadap sesama ciptaan Tuhan Yang Maha Esa,” Pungkasnya.

Dalam pengelolaannya lanjut Gus Ipul menambahkan, Kalau kita lihat pengelolaan kebun binatang di berbagai negara begitu baik, salah satu contoh saja di Indonesai seperti di Taman Safari itu dikelola dengan profesional sehingga sangat bagus, termasuk memperlakukan satwa-satwa (Binatang) yang semestinya diperlakukan sama dengan baik.

“Pengelolaan secara profesional seperti soal makanan satwa, kesehatan satwa, termasuk lingkungannya sehingga satwa di kebun binatang bisa hidup sehat dan terjaga,” Imbuanya.

Salah satu Panita penyelenggara Pameran Foto kado buat KBS mengatakan, Kegiatan Pameran foto sejarah Kebun Binatang Surabaya (KBS) ini merupakan kepedulian dan kecintaan warga masyarakat yang berasal baik dari Surabaya,Gresik dan Sidoarjo karena foto-foto ini sumber dari dokumennya KBS.

“Selain itu, foto – foto (Dokumen) ini berasal dari teman-teman Jurnalis dan juga warga masyarakat lalu kita seleksi akhirnya terpilihlah sebanyak 100 foto yang dipamerkan,” Kata Heri Poerwanto.

Menurut Ketua Badan Pengawas PDSKB ini menjelaskan, Pameran ini bentuk kepedulian mereka kepada KBS dan berharap bisa KBS ini bisa bangkit kembali menjadi icon kota surabaya yang dibanggakan warga masyarakat contoh seperti dulu pada tahun 1970-1980 kalau ke surabaya belum lengkap tanda datang ke Kebun Binatang Surabaya (KBS).

“Kami ingin seperti dulu lagi agar warga masyarakat berasal dari berbagai daerah bisa mampir ke KBS,” Jelasnya.

Foto Pameran Foto KBS Dari Masa Ke Masa Dan Peluncuran Buku Bonbin Dalam Kisah Dan Tjerita.
Foto Pameran Foto KBS Dari Masa Ke Masa Dan Peluncuran Buku Bonbin Dalam Kisah Dan Tjerita.

Selain menggelar pameran foto KBS dari masa ke masa ini, Heri Poerwanto mengungkapkan, Kita juga membuat karya buku cerita kecil tentang kisah Kebun Binatang Surabaya (KBS) untuk kado Ulang Tahun KBS pada 31 Agustus Ke 100 Tahun menyongsong abad ke II,banyak sekali kisah yang dituliskan.

“Seperti tentang suka duka menjadi dokter hewan, Kiper (Penjaga) Hewan bahkan ada seorang kiper kami juga pernah meninggal dunia diterkam satwa seperti itulah cerita kecil KBS,” Ungkapnya.

Dalam Kegiatan Pameran Foto KBS Dari Masa Ke Masa dirangkai dengan Peluncuran Buku Bonbin Dalam Kisah Dan Tjerita KBS ini dengan memamerkan sebanyak 100 lembar foto sejak berdirinya Kebun Binatang Surabaya hingga sekarang berasal dari berbagai elemen warga masyarakat mendapat antusias pengunjung di Royal Plaza Lt UG Surabaya selama 4 hari. (irw)