beritasurabayaonline.net
Sospol

Gelar Kunjungan, Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Terinspirasi Pengelolaan Cagar Budaya di Kota Surabaya

Surabaya – Pimpinan dan Anggota Fraksi PDI-Perjuangan DPRD DKI Jakarta mengunjungi sejumlah tempat peninggalan sejarah yang kini menjadi  cagar budaya.di kota Surabaya.

Diantaranya tempat kelahiran Bung Karno, Langgar Dukur Kayu, Pesarean Mbah  Pitono, Sumur Tertua dan museum HOS T Cokroaminoto di kawasan jalan Peneleh Kecamatan Genteng Surabaya.

“Ya ini salah satu objek informasi yang kita gali dari teman teman Fraksi PDI  Perjuangan DPRD Kota Surabaya soal  Cagar Budaya,” ujar Dwi Rio Sambodo Sekretaris Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta. Jumat (24/06/2022).

Cagar Budaya di Surabaya ini, kata Rio, terencana dan sistimatis yang memiliki banyak objek sehingga di lestarikan oleh Pemerintah Kota Surabaya.

“Salah satunya adalah tempat kelahiran Bung Karno yang ada di jalan Peneleh ini,” katanya.

Selain itu, kata Anggota Komisi A membidangi Pemerintah dan Pertanahan DPRD DKI Jakarta ini, ternyata juga ada objek cagar budaya lainnya dikawasan ini.

“Seperti Langgar Dukur Kayu yang ada di gang ini,” katanya

Meski demikian, Rio mengaku, bisa melihat sekaligus merasakan suasana kebatinan bagaimana pun tempat ini sebagai ruang lingkungan Bung Karno dilahirkan.

“Ternyata juga banyak objek cagar budaya yang lainnya,” ungkapnya.

Maka itu, kata Rio, sangat penting  untuk diadopsi oleh seluruh daerah daerah termasuk DKI Jakarta.

“Bahwa jejak jejak sejarah itu penting untuk kita jaga,” tuturnya.

Karena, menurut Rio, bagaimanapun juga sejarah itu adalah jendela untuk melihat masa depan.

Sehingga, lanjut Rio, pihaknya terilhami dan terinspirasi dengan pengelolaan kelestarian cagar budaya di kota Surabaya.

“Kita sangat terilhami dan terinspirasi dengan pengelolaan kelestarian cagar budaya di kota Surabaya,” ungkapnya

Kunjungan rombongan dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta ditempat cagar budaya di surabaya ini mendapat apresiasi.

“Alhamdulillah, dan luar biasa teman teman Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta  ini,” ujar Budi Leksono Anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Surabaya. saat ditemui usai mendampingi.

Untuk itu, Budi Leksono menyampaikan terima kasih kepada Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta yang telah menyempatkan diri mengunjungi ditempat sejarah kini menjadi cagar budaya di kota Surabaya.

“Kami mewakili Fraksi PDIP DPRD Kota Surabaya mengucapkan terima kasih kepada teman teman Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta,” ucapnya.

Saat mendampingi, kata Sekretaris Komisi  A DPRD Kota Surabaya ini, pihaknya juga mengenalkan sekaligus menceritakan  tempat peninggalan sejarah yang ada di kota Surabaya.

“Tadi kita juga mengenal tempat tempat sejarah di Surabaya,” terangnya

Bahkan, kata Budi Leksono, pihaknya juga berdiskusi saling sharing tentang penanganan banjir, pengelolaan cagar budaya maupun pengelolaan sampah  antara di Jakarta dan Surabaya.

“Ternyata teman teman kita Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta tertarik dan antusias tentang penanganan dan pengelolaan itu yang ada di Surabaya,” pungkasnya. (irw)

Baca juga