beritasurabayaonline.net
Sospol

Giliran di Jambangan, PDIP Surabaya Gelar Sosialiasasi Beasiswa PIP Puti Guntur

Surabaya – PDI Perjuangan Kota Surabaya menggelar sosialisasi beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) di wilayah  Kecamatan Jambangan, yang dihadiri 300-an lebih orangtua wali murid, mayoritas ibu-ibu, Sabtu malam kemarin.

Beasiswa pemerintahan Presiden Jokowi yang dikelola Kementerian Pendidikan Nasinal itu, dijaring melalui jalur aspirasi anggota DPR RI Komisi X Puti Guntur Soekarno, dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Surabaya-Sidoarjo.

Kegiatan itu dihadiri Adi Sutarwijono, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Achmad Hidayat, anggota DPRD Kota Surabaya Dyah Katarina, Aliyudin  selalu tenaga ahli Puti Guntur Soekarno, dan Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Jambangan Moch. Sunar.

“Dari jalur aspirasi Ibu Puti Guntur Soekarno, PDI Perjuangan Jambangan menyalurkan kepada masyarakat yang berhak, yakni para orangtua wali murid yang sangat membutuhkan,” kata Sunar dalam sambutannya. Sabtu (06/08/2022) malam.

Ia meminta para orangtua wali murid berkomitmen, mempergunakan beasiswa PIP seratus persen untuk keperluan pendidikan putra-putrinya.

“Seratus persen untuk pendidikan. Tidak boleh untuk keperluan lain-lain di luar urusan pendidikan,” kata Sunar.

Dyah Katarina dalam sambutannya, meminta para orangtua memperhatikan pendidikan putra-putrinya.

“Ada wilayah dimana pihak sekolah tidak bisa masuk, yakni ketika para pelajar sudah berada di rumah. Tugas para orangtua dan keluarga untuk memperhatikan belajar dan pergaulan anak-anak para pelajar,” kata Dyah Katarina, yang anggota Komisi D bidang Pendidikan DPRD Kota Surabaya.

“Kita semua berjuang, melahirkan generasi hebat yang cakap menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, yang mempunyai akhlak mulia, yang nanti akan menggantikan generasi sekarang. Dan, pendidikan adalah jalannya,” ujar Dyah Katarina.

Adi Sutarwijono, yang juga Ketua DPRD  Kota Surabaya, menyampaikan saat ini pembelajaran tatap muka sudah dimulai di sekolah-sekolah, setelah 2 tahun belajar dengan sistem daring akibat pandemi Covid-19.

“Selamat memasuki tahun ajaran baru kepada adik-adik para pelajar sekalian,”  kata Adi Sutarwijono.

Aliyudin tenaga ahli Puti Guntur Soekarno menerangkan beasiswa PIP untuk pelajar SD Rp 450 ribu satu tahun. Untuk SMP Rp 750 ribu per tahun. Dan SMA/SMK Rp 1 juta per tahun.

“Dana ditransfer utuh ke rekening pelajar. Tahun depan, para pelajar harus diusulkan lagi Kementerian Pendidikan Nasional melalui kami,” ujar Aliyudin.   (*)

Baca juga