beritasurabayaonline.net
Sospol

Hari Lingkungan Hidup, Reni Astuti Gowes Bareng di CFD Taman Bungkul

Surabaya – Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Sepeda Sedunia tahun 2022 memiliki tempat tersendiri bagi Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti.

Hal ini ditunjukan Reni dengan gowes bersama komunitas Keputih Pancal Club (KPC) Surabaya, Minggu (05/06/2022) pagi.

Sekitar pukul 6 pagi bersama dengan puluhan anggota KPC, Pimpinan DPRD Surabaya itu memulai hari dengan mengayuh sepeda dari kediamannya menuju Taman Bungkul. Selain menyehatkan, kata Reni, rutinitas olahraga yang ia lakukan juga untuk mengisi waktu  di akhir pekan.

Melihat suasana Car Free Day (CFD) di Taman Bungkul yang ramai dan dipadati warga, politisi PKS itu memandang baik hal demikian.

“Tentu, di mana di situ banyak orang, pasti akan menumbuhkan sektor ekonomi,” ucapnya.

Walau gerimis sempat menyambut di pagi hari, namun hal tersebut tidak mengurangi semangat warga yang berolahraga di  Taman Bungkul.

Rintik hujan pun tidak bertahan lama dan beranjak siang kerumunan warga semakin banyak memenuhi area taman.

Reni pun merasa senang melihat antusias warga yang mengikuti CFD dan kondisi Covid-19 yang semakin terkendali.

“Semoga kebiasaan masyarakat Kota Surabaya untuk hidup sehat dan juga berolahraga setelah masa pandemi bisa semakin kuat,” bubuhnya.

Legislator PKS itu menekankan melalui pola perilaku hidup sehat dan ramah lingkungan dapat menjadi sarana membentuk kebiasaan baik demi menjaga keberlangsungan bumi.

Pihaknya juga mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya agar terus meningkatkan prestasi dan kinerja serta memberi manfaat yang besar terkait  dengan bidang lingkungan hidup di Kota Pahlawan.

“Mulai dari pengolahan sampah, kemudian menjaga mutu air, bagaimana kualitas udara, kualitas air, ya. Itu sangat penting,” terang Reni yang mengenakan jersey sepeda PKS tersebut.

Namun, lanjut Reni, yang tidak kalah  penting adalah kontribusi masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada kader lingkungan yang ada di Kota Surabaya yang sudah banyak memberikan kontribusinya, utamanya menjadikan lingkungan kampung bersih dan sehat,” tuturnya.

Alumnus ITS itu menyatakan bahwa partisipasi masyarakat di Kota Surabaya dalam menjaga lingkungan yang sehat dan bersih sangat tinggi mulai bank sampah hingga kampung zero waste.

Bagi Reni, bidang lingkungan perlu mendapat perhatian bersama dalam rangka mewujudkan Kota Surabaya menjadi kota yang maju dan berkelanjutan.

“Selamat Hari Lingkungan Hidup dan Selamat Hari Sepeda, sehat selalu,” tuntasnya.

Selain gowes, Reni juga memiliki hobi jogging. Tak jarang wakil rakyat yang gemar berolahraga ini pun terlihat berangkat kerja ke kantor dewan menggunakan sepeda (bike to work) atau ketika menghadiri berbagai agenda lain di samping rutinitas sehari-harinya.

Pada agenda CFD itu, tampak Reni juga menyapa dan berbaur bersama warga hingga komunitas pecinta lingkungan. Agenda pun berakhir dengan foto bersama, terlihat pula Reni menyempatkan diri sarapan bareng warga menikmati kuliner Nasi Krawu.  (*)

 

Baca juga