beritasurabayaonline.net
Ekbis

ISEF 2018, Diharapkan Dorong Perwujudan Ekonomi Lebih Adil dan Merata

Surabaya – Agenda tahunan The 5th Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) mengusung tema “Strengthening National Economic Growth : The Creation of Halal Value Chains and Innovative Vehicles”

Festival ekonomi dan keuangan syariah terbesar di Indonesia yang dimulai 11 desember 2018 ini merupakan kerjasama Bank Indonesia dengan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) dan berakhir pada 15 desember 2018.

“Penyelenggaraan ISEF pada tahun ini mengandung 2 (dua) pesan kuat yang coba kami angkat secara nasional, yakni pemberdayaan dan percepatan pengembangan ekonomi syariah,” ujar Dody Budi Waluyo, Deputi Gubernur Bank Indonesia dalam sambutannya di closing ceremony ISEF 2018, Sabtu, (15/12/2018)

Dalam tema tersebut, Dody mengatakan menggambarkan upaya penyempurnaan fase awal penerapan blueprint pengembangan ekonomi syariah yang difokuskan pada pembentukan fondasi yang kuat didukung dengan terbentuknya infrastruktur yang memadai guna mewujudkan national halal value chain. Pada periode tahun-tahun berikutnya, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah akan memasuki fase kedua dalam bentuk penguatan strategi dan program ekonomi keuangan syariah.

“Kami melihat bahwa dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, sejak blueprint pengembangan ekonomi syariah ini kita implementasikan, komitmen bersama lintas instansi dalam payung KNKS semakin baik, utamanya dalam rangka mewujudkan pemberdayaan ekonomi syariah, peningkatan alternatif pembiayaan didukung dengan instrumen keuangan komersial dan sosial syariah serta optimalisasi pengembangan ekonomi syariah yang berbasis kajian dan riset,” katanya.

Pagelaran acara ISEF tahun 2018 ini, Dody menjelaskan, dilaksanakan dalam bentuk 3 kegiatan utama, yaitu Sharia Economic Forum, Sharia Fair dan Business Matching. Selama lima hari berturut-turut, ISEF 2018 melibatkan berbagai elemen termasuk pondok pesantren, akademisi, perbankan dan instansi terkait dengan pengunjung atau peserta dari dalam dan luar negeri seperti Turkmenistan, Australia, Bosnia, Nigeria dan berbagai negara lainnya.

“Sebagai bentuk riil dukungan ISEF 2018 terhadap pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, dilaksanakan pula business matching yang merupakan ajang pertemuan bisnis antara pelaku UMKM dengan calon investor atau lembaga keuangan syariah yang potensial,” paparnya.

Dody juga menyampaikan, apreasi upaya dari semua pihak sehingga komitmen transaksi dalam business matching selama penyelenggaran acara ISEF 2018
telah berhasil mencapai angka yang memuaskan senilai kurang lebih Rp 7,01 Triliun.

“Komitmen transaksi tersebut diantaranya kesepakatan kerjasama sindikasi perbankan syariah dengan PT Jakarta Toll Road Development senilai Rp 2 triliun serta akad dan komitmen pembiayaan syariah UUS Bank DKI dengan 6 debitur senilai Rp 2,4 triliun,” ungkapnya.

Berakhirnya kegiatan ISEF 2018 ini, Dody berharap, merupakan wujud komitmen Bank Indonesia untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

“Harapannya, kita akan mampu mendorong perwujudan ekonomi nasional yang lebih adil dan merata, sejalan dengan harapan ke depan untuk menjadikan Indonesia sebagai key player global dalam berbagai sektor industri halal,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur Difi A Johansyah menyampaikan,
untuk di Jawa Timur, ISEF 2018 telah menghasilkan sejumlah langkah nyata pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

“Kami telah memfasilitasi pemberian sertifikasi halal untuk 100 UMKM di Jawa Timur, fasilitasi business matching dalam rangka perluasan pasar ekspor UMKM Jawa Timur dengan total nilai 3 Miliar rupiah, pelatihan ekspor bagi UMKM, Sertifikasi Dewan Pengawas Syariah khususnya untuk koperasi syariah dan BMT, serta fasilitasi peningkatan kapasitas nadzir untuk wakaf,” pungkasnya. (red)

Baca juga