Kodam V/Brawijaya Gelar Upacara Harkitnas

oleh

Surabaya – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-107 tahun 2015, Kodam V/Brawijaya melaksanakan upacara bendera yang dipimpin oleh PA Liaison AU Kodam V/Brawijaya Kolonel Tek Surip Suparjo Rabu, (20/5/2015) di lapangan Makodam V/Brawijaya dan diikuti para prajurit dan PNS Kodam V/Brawijaya.

Dalam sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara yang dibacakan Kolonel Tek Surip Suparjo mengatakan bahwa Hari Kebangkitan Nasional menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia merupakan masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi modern yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan.

Membangun mental dan karakter bangsa menjadi salah satu prioritas utama dalam program pembangunan pemerintah Indonesia. Pembangunan karakter tidak hanya di jajaran birokrasi pemerintah tetapi juga dilaksanakan pada seluruh komponen masyarakat.

Melalui pembangunan karakter yang disebut dengan ”Revolusi Mental” diharapkan akan menghasilkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang kreatif, inovatif, berdedikasi, disiplin, bekerja keras dan taat aturan yang pada akhirnya terwujud masyarakat yang tertib dan terbuka sebagai modal sosial yang positif bagi kemajuan Bangsa Indonesia.

Sejalan dengan semangat dan jiwa kebangkitan nasional, pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107 tahun 2015 ini mengambil tema ”Melalui Hari Kebangkitan Nasional Kita Bangkitkan Semangat Kerja Keras Mewujudkan Indonesia Maju Dan Sejahtera”.

Tema ini mengandung makna bahwa kebangkitan nasional sekarang lebih difokuskan pada perwujudan kerja nyata dengan bekerja lebih keras dan bukan sekedar pengembangan wacana. Tuntutan untuk terus maju dan mewujudkan Indonesia sebagai negara sejahtera telah menjadi pemicu pentingnya merealisasikan semangat Kebangkitan Nasional dengan kerja keras, kerja cerdas dan produktif, tambah Menkoinfo RI.

Dalam mengakhiri sambutannya Menteri Komunikasi dan Informatika berharap agar Momentum Harkitnas ini hendaknya mampu membangkitkan kembali nilai kebersamaan persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada dengan menggelorakan rasa bangga dan cinta tanah air,

tidak ada bangsa yang maju tanpa perjuangan dan kerja keras, tidak ada bangsa yang maju tanpa pengorbanan, dan Tuhan tidak akan merubah nasib suatu bangsa kecuali mereka merubah diri mereka masing-masing. (red/Pendam)