beritasurabayaonline.net
KPU

Lolos Seleksi Tertulis, 478 Calon PPK Ikuti Tahapan Wawancara

Surabaya – Sebanyak 478 orang calon anggota PPK Pemilu 2024, diundang untuk menjalani tahapan wawancara di aula lantai 2 kantor KPU Kota Surabaya.

Ratusan orang tersebut merupakan peserta yang sudah dinyatakan lolos dalam tahapan sebelumnya yakni dalam seleksi tertulis dengan basis komputer (CAT).

Tahapan wawancara sendiri berlangsung selama tiga hari, sejak 11 – 13 Desember akan datang. Mereka akan ditanyakan materi wawancara yang di antaranya meliputi pengetahuan kepemiluan, komitmen yang mencakup integritas, independe dan profesionalitas, serta rekam jejak calon anggota PPK.

“Terhadap para calon PPK. Kami juga melakukan klarfikasi atas masukan dan tanggapan masyarakat, yang sudah dimulai sejak 2 – 10 Desember lalu,” ujar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Surabaya, Subairi, Senin (12/12/2022)

Pria yang akrab dipanggil Bairi ini menyampaikan, dalam tahapan wawancara sendiri akan berlangsung selama 3 hari. Sehingga, seluruh peserta yang berasal dari Kecamatan, dijadwal secara detail agar tidak terjadi penumpukan. Terlebih jumlah calon yang wawancara, yang masing-masing kecamatan minimal sampai 15 orang.

Dalam proses wawancara PPK Pemilu 2024 sendiri, juga dapat menerapkan sistem  yang menggunakan perangkat teknologi informasi. Artinya, para peserta yang sedang berhalangan seperti sedang melahirkan dan izin karena sakit atau ada keluarga meninggal, bisa dilakukan wawancara melalui dalam jaringan (daring).

‘Tentu dengan batas waktu yang sudah ditentukan, yakni selama tiga hari. Bisa dilakukan wawancara menggunak teknologi informasi secara daring,” urainya.

Dalam penggunaan perangkat teknologi informasi selama tahapan wawancara, menurut Bairi, lebih pada menjamin asaz yang efektif, efesien serta keterbukaan dalam pelaksanaanya. Peserta yang memang berhalangan, diminta untuk segera menyampaikan ke kantor KPU Kota Surabaya agar bisa diproses lebih lanjut oleh helpdesk.

“Kami juga bisa melakukan wawancara lewat video call atau zoom. Itupun selama peserta memang benar-benar berhalangan,” urainya.

Perlu diketahui sebelum tahap wawancara. Proses seleksi PPK Pemilu 2024 mengikuti seleksi tertulis dengan basis CAT, yang digelar di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Tes CAT sendiri berlangsung selama 3 hari, mulai 5 – 7 Desember lalu.

Adapun yang ikut seleksi tertulis CAT sebanyak 857 orang, dari jumlah pendaftar lulus administrasi yang lewat aplikasi SIAKBA sebanyak 975 orang. Sedangkan yang tidak mengikuti seleksi tertulis CAT sebanyak 123 orang.

Hasilnya, ada sebanyak 478 orang lulus  CAT dan sisanya 357 orang dinyatakan  tidak lulus tes tertulis CAT dan tidak bisa mengikuti tahap berikutnya.

“Nah, saat ini sedang berlangsung tahapan wawancara. Bagi peserta yang mengikuti tahapan wawancara agar memperhatikan jadwal yang sudah ada,” pungkasnya.    (*) 

Baca juga