beritasurabayaonline.net
Sospol

Menanggulangi Krisis Budaya, UKM UINSA Sunan Ampel Gelar Seminar Pencak Silat

BERITASURABAYAONLINE.COM – Diera Globalisfoto-05-UINSA seminar nasional pencak silatasi guna menanggulangi krisis budaya pencak silat yang hampir terkikis di era masa modern ini, Dewan Eksekutif UMK Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar kegiatan Seminar Nasional tentang budaya pencak silat yang merupakan peninggalan sejarah leluhur nenek moyang.

Seminar Nasioanal bertajuk Membentuk Generasi Muda Yang Berbudi Luhur Dalam Ikatan Persaudaraan Untuk Menanggulangi Krisis Budaya Diera Globalisasi, Ketua Panitia Penyelenggara Akmad Subaidi mengatakan, Kebanyakan pemuda sekarang ini fokus pada teknologi dan Informasi, ini bisa berdampak terhadap budaya kita terutama pencak silat.

“Pencak silat ini merupakan budaya peninggalan leluhur nenek moyang sangat penting untuk dilestarikan oleh generasi muda sekarang,” Katanya. Selasa (17/11/2015)

Akmad Subaidi menjelaskan, Tujuan kegiatan seminar nasional dengan materi melestarikan budaya pencak silat diikuti oleh beberapa UKM Pencak Silat mahasiswa yang ada di perguruan tinggi surabaya untuk bisa menyadarkan diri agar para generasi muda sekarang bisa ikut melestarikan budaya pencak silat yang hampir punah terkikis oleh zaman era globalisasi.

“Kita sosialisasikan lagi kepada para mahasiswa, bahwa pencak silat ini merupakan budaya peninggalan leluhur nenek moyang kita, jangan sampai dikenal dengan arogansinya,” Jelasnya.

Kegiatan Acara seminar nasional yang adakan oleh Mahasiswa UKM Pencak Silat UIN Sunan Ampel Surabaya bertujuan untuk memperkenalkan seni bela diri pencak silat yang merupakan suatu budaya peninggalan asli indonesia diikuti sekitar 280 peserta dari berbagai kalangan mahasiswa di surabaya.

Ditempat yang sama Kabag Kemahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya Zanuidin M MSi yang turut serta mengahadiri seminar nasional ini mengatakan, Sesungguhnya pencak silat ini merupakan budaya bangsa untuk bisa dikembangkan lagi dikalangan mahasiswa terutama pada hak skill dan shoes skillnya pencak silat.

“Artinya dua sisi ini harus kita kembangkan lagi dari aspek akademi maupun aspek kesehatan jasmani dan rohani,”Pungkasnya.

Lanjut Zanuidin M MSi menambahkan, Pengembangan pencak silat ini yang dikenalkan dikalangan mahasiswa ini dan juga merupakan misi UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu menjadi pusat pengembangan agama islam secara unggul dan kompotitif serta bertaraf dan bisa berlaga dikaca internasional.

“Kita juga pernah memenangkan kejuaran pencak silat pada event lomba yang bertaraf internasional artinya bisa memberikan kontribusi khususnya pada UIN Sunan Ampel Surabaya,” Jelasnya.

Sementara itu, Kegiatan acara seminar nasional dengan mendatangkan dua nara sumber yakni DR Probo Jati MS Dosen FIK Unesa dan Rijal Munasik Z Dosen Akademisi IAIN Sunan Ampel Jember serta dihadiri sebanyak 280 peserta dari berbagai kalangan mahasiswa yang ada di surabaya mengikuti hingga akhir acara. (irw)

Baca juga