beritasurabayaonline.net
Sospol

Peringatan Hari Santri Nasional 2023, DPAC FKPQI Kecamatan Semampir Gelar Kirab

 

Surabaya – DPAC Forum Komunikasi Pendidikan Al Qur’an Indonesia (FKPQI) Kecamatan Semampir Surabaya menggelar kirab dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2023 yang jatuh pada 22 Oktober.

Kirab mengusung tema “Semoga Spirit Keilmuan dan Keteladanan Santri Terus Menyala Memberi Cahaya Bagi Semua” bertempat di halaman SMK Al-Amal jalan Wonosari Lor No 89 diawali dengan pelepasan balon di udara.

“Pagi ini kami menggelar kegiatan kirab dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2023,” ujar Mulyono S,Pd,i,Gr. Ketua DPAC FKPQI Kecamatan Semampir Surabaya. Minggu (29/10/2023) pagi.

Mulyono mengatakan, selain Peringatan Hari Santri Nasional 2023  juga syiar Islam serta silaturahmi para santri dengan guru TPQ.

“Intinya untuk saling mengenal antara santri dan guru TPQ satu dengan yang lainnya,” katanya.

Dengan adanya kirab, Mulyono berharap, para santri jangan sampai melupakan sejarah perjuangan para ulama dan guru di masa kemerdekaan.

“Makanya dengan kemerdekaan ini santri dianjurkan untuk selalu berbuat positif,” tuturnya.

Ketua panitia kirab, Muhammad Azis S.pd. menambahkan, kirab merupakan agenda tahunan yang sudah berjalan ke lima kalinya.

“Ada 1,300 santri termasuk pendampingnya ikut kegiatan kirab ini,” katanya.

Muhammad Aziz menjelaskan, dari 1300 santri beserta pendampingannya berasal dari 80 TPQ, setiap TPQ mengirimkan 25 santri.

“Alhamdulilah santri di wilayah kecamatan Semampir ini sangat antusias ikut kegiatan kirab ini,” ungkapnya.

Lanjut Muhammad Azis, untuk rute dimulai dari SMK Al-Amal jalan Wonosari Lor lalu berjalan kearah bulak sari dan kembali  finish ke sekolahan.

“Jaraknya kurang lebih 2 kilo meter,”  katanya.

Muhammad Azis berharap dengan kegiatan kirab para santri yang ada di setiap TPQ  bisa lebih produktif dan memiliki potensi yang positif.

“Juga harus punya rasa percaya diri dalam kesantriannya,” pungkasnya.

Sementara itu, kirab dihadiri oleh Dr, Drs, M Amir Sholehuddin M,PD,i. perwakilan dari Kemenag Kota Surabaya, H Fuad Said Bobsaid Ketua Yayasan Al-Amal.

Selain itu, sejumlah Ketua Ormas Islam di wilayah kecamatan Semampir, para donatur, anggota kepolisian setempat, dan tamu undangan lainnya.

Hadir pula, Camelia Habiba Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya, Khusnul Khotimah Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya.

Para peserta kirab mendapatkan hadiah door pres menarik yang sudah disediakan oleh panitia dan dimeriahkan seni budaya tradisional Indonesia yakni pencak silat berlangsung meriah. (irw).

Baca juga