beritasurabayaonline.net
Sospol

Politisi PDIP Kawal Penyerahan Beasiswa PIP Jalur Aspirasi Mbak Puti di Mulyorejo

Surabaya – Untuk meringankan beban masyarakat yang tidak mampu dalam kebutuhan pendidikan di tengah pandemi covid-19.

Politisi PDIP mengawal penyerahan beasiswa progam indonesia pintar (PIP) jalur aspirasi Puti Guntur Soekarno S.I.P Komisi X DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan diwilayah Kecamatan Mulyorejo Surabaya.

“Terkait dengan PIP ini paling tidak PDI – Perjuangan konsen dimasa pandemi ini untuk terus mendekatkan diri kepada masyarakat (tidak mampu),” ujar Abdul Ghoni Muklas Ni”am. Minggu (12/09/2021).

Penerima beasiswa PIP jalur aspirasi ini, ia menjelaskan, secara keselurhan rata rata masyarakat yang tidak mampu yang harus dikawal.

“Ini (PIP) harus kita kawal secara baik,” kata Abdul Ghoni Muklas Ni”am sapaan akrab Cak Ghoni.

Beasiswa PIP ini, kata ia, diberikan kepada 69 siswa diterima oleh wali murid atau orangtua siswa.

“Ada 169 usulan. tapi yang tercover 69,” terang Cak Ghoni kepada wartawan usai pemaparan.

Meski demikian, menurut ia, paling tidak bisa terpuaskan dan meringankan beban masyarakat yang tidak mampu

“Paling tidak ini bisa meringankan beban masyarakat yang tidak mampu,” kata Cak Ghoni

Sistim penyerahan beasiswa, menurut anggota Komisi C ini, penerima memiliki nomer PIN dan rekening siswa kemudian meminta surat keterangan dari pihak sekolah.

“Jadi saya ngomong ke penerima bea siswa PIP yang hadir ini, kalau ada kendala dari pihak sekolah bisa koordinasi dengan kami,” tegas Cak Ghoni

Kalau itu sudah jelas datanya, lanjut ia, mereka sudah tersurat keterangan (SK) dengan baik ada yang nominasi dan juga pemberian.

“Kalau yang nominasi agak lama proses pencariannya, tapi yang pemberian itu saya pikir sudah terkoneksikan bisa langsung diambil,” papar Cak Ghoni

Terkait sisa pengajuan yang belum dapat beasiswa PIP jalur aspirasi ini, pihaknya mengusulkan ulang kembali.

“Mudah mudahan kita coba usulkan ulang lagi lah,” kata Cak Ghoni

Nilai nominal penyerahan beasiswa PIP jalur aspirasi DPR RI, mulai SD, SMP SMA dan SMK bervariasi.

“Untuk SD 450.000 ribu, SMP 750.000 ribu dan SMA – SMK masing masing 1000.000,” ungkap Cak Ghoni.

Adanya beasiswa PIP ini, diharapakn, agar selalu digulirkan terlebih dimasa pandemi karena sangat dinantikan oleh masyarakat

“Tetapi ini harus dikawal betul betul termasuk pihak penyelenggara sekolah dan lain sebagainya,” tegas Cak Ghoni

“Dan saya berharap, karena ini masuk ke rekening siswa bisa dibayarkan ke pihak sekolah dan jangan sampai untuk hal hal yang lain,” Imbuhnya.

Ketua PAC PDIP Mulyorejo Agus Basuki menyampaikan terima kasih kepada Puti Guntur Soekarno komisi X DPR RI Fraksi PDI-perjuangan yang telah mencairkan bea siswa PIP untuk warga tidak mampu

“Saya sangat berterima kasih atas bea siswa PIP untuk masyarakat yang tidak mampu ini,” kata Agus Basuki sapaan akrab Cak Trabas

Selain itu, ia berharap agar usulan yang diajukan sebanyak 169 yang terealisasi meskipun hanya 69, tetapi sisanya bisa dicairkan lagi.

“Ya semoga untuk sisanya bisa segera dicairkan lagi,” kata Cak Trabas.

Sementara itu, salah satu wali murid juga mengaku senang mendapat bantuan beasiswa PIP untuk membiayai pendidikan sekolah anaknya di SDN Suterojo 1.

“Senang dan terima kasih dapat bantuan beasiswa PIP ini untuk membantu biaya anak saya yang masih sekolah,” ucap Ibu Kartika warga Sutorejo. (irw)

Berita Terkait

Leave a Comment