beritasurabayaonline.net
Sospol

Rudhy Wedhasmara : Rehabilitasi Narkoba Dengan Pedekatan Secara Humanis

foto Rudhy Weshasmara Ketua Pembina Rumah Sehat Orbit Surabaya
foto Rudhy Weshasmara Ketua Pembina Rumah Sehat Orbit Surabaya

Surabaya -BSO – Kehadiran Yayasan Rumah Sehat Orbit Surabaya bertujuan untuk progam rehabilitasi penyalahgunaan narkoba bisa bermanfaat bagi warga masyarakat kota surabaya salah satu upaya penanggulangan narkoba dengan pendekatan secara humanis dalam pemulihan hal ini sampaikan oleh Ketua Pembina Rumahra Sehat Orbit Surabaya.

“Penanggulangan narkoba tidak hanya dilakukan pendekatan-pedekatan hukum saja, tetapi dilakukan pendekatan dengan cara humanis melalui pemulihan,” Ujar Rudhy Wedhasmara Ketua Pembina Rumah Sehat Orbit Surabaya. Jumat (21,07,2017)

Rudhy mengatakan, Ada beberapa cara progam (Metode) dalam upaya penanggulangan narkoba yakni Rehabilitasi dengan cara layanan seperti, Konseling, Rawat ina dan jalan, dan juga ada progam yang dinamakan teroputikomoniti artinya komunitas pengguna satu dengan yang lain saling membantu.

“Mantan pengguna satu membantu mantan pengguna yang lain dalam upaya rehabilitasi progam teroputikomuniti,” Katanya.

Rudhy menjelaskan, Selain itu Juga harus dibarengi dengan cara pedekatan Medis,Psikolog dan Sepritualnya juga ada, Untuk saat ini mantan pengguna aktif yang menjalani rehabilitasi sejak tahun 2013 sudah mencapai ratusan, tetapi kalau dihitung per tahun kurang lebih 150 orang atau pengguna aktif.

“Kalau di kota surabaya sendiri saja bisa mencapai 1000 lebih orang atau pengguna aktif,” Jelasnya. Jumat (21,07,2017) ditemui usai peresmian rumah sehat orbit surabaya.

Rudhy mengungkapkan, Jenis narkoba ada dua yakni Drones dan Apres namun yang ditemukan kebanyakan golongan Apres, seperti, Ektasi, Sabu, Inex dan jenis yang seperti meningkatkan stamina, sedangkan kalau jenis Drones seperti Pil Koplo, Putaw dan Ganja itu jarang sekali digunakan.

“Kebanyakan jenis narkoba yang sering digunakan oleh pengguna aktif adalah jenis Apres yang sering kita jumpai atau temukan,”Ungkapanya

Lanjut Rudhy menambahkan, Usai menjalani rehabilitasi di rumah sehat orbit surabaya ini nantinya mereka (Mantan) akan disiapkan kembali ke masyarakat, Lingkungan dan keluarganya, tetapi setelah mengikuti progam rehab selama 3 sampai 6 bulan, bukan berarti dilepaskan begitu saja.

“Setelah rehab progam selanjutnya dinamakan Affter Care artinya mereka (Mantan) harus datang ke tempat kami seminggu atau sebulan sekali untuk memantau perkembangannya,” Tegasnya.

foto mantan pengguna aktif menjalani rehabilitasi
foto mantan pengguna aktif menjalani rehabilitasi

Sementara itu, Salah satu mantan pengguna aktif mengaku, Semula diajak oleh teman mencoba menggunakan narkoba pada saat menjelang tahun baru lalu, sehingga merasa kecanduan dampak akibat menggunakan narkoba, kemudian melalui rujukan dari orang tuanya untuk menjalani rehabilitasi di rumah sehat orbit surabaya.

“Selama menjalani rehab ini saya merasa bersyukur sekali karena pola pikir dan prilaku saya bisa berubah menjadi pulih kembali,” Ucap Abra Rizky Sandro (17) ditemui wartawan di rumah sehat orbit surabaya.

Remaja yang berusia 17 Tahun ini berpesan, Kepada teman-temannya yang masih aktif menggunakan narkoba untuk segera meninggalkan atau jauhi narkoba karena ini bisa merusak diri kita sendiri dan juga bisa menghancurkan masa depan kita.

“Kepada teman-teman yang masih aktif menggunakan segera tinggalkan atau jauhi narkoba sekarang juga karena ini bisa merusak masa depan kita,” Imbuhnya. (irw)

Baca juga