beritasurabayaonline.net
Pemilu

Sosialisasi Pemilu 2024, KPU Surabaya Ajak Siswa SMA Katholik St.Louis 1 Gunakan Hak Pilih

Surabaya – Jelang Pemilu 2024, KPU Kota Surabaya terus bergerak melakukan pendidikan pemilih guna peningkatan partisipasi masyarakat.

Kali ini bersama Bakesbang Pol Pemkot Surabaya, melakukan sosialisasi segmen pemilih Pemula di SMA Katolik St. Louis 1, Jalan Polisi Istimewa Surabaya.

Dihadapan ratusan siswa, KPU Kota Surabaya mengajak untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu yang akan diselenggarakan Rabu, 14 Februari 2024 akan datang. Salah satu bentuk partisipasi aktif, bagi siswa yang masuk kategori pemilih pemula yakni datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), untuk menggunakan hak pilihnya.

“Ayo, nanti di tanggal 14 Februari 2024, tepatnya hari Rabu datang ke TPS. Gunakan hak pilih adik-adik semua, sebagai bentuk tanggung jawab sebagai pemilih pemula,” ujar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Kota Surabaya, Subairi, Jumat (3/3).

Pria yang akrab dipanggil Bairi ini menjelaskan,, pemilih pemula adalah pemilih yang baru pertama kali menggunakan hak pilihnya. Pemilih sendiri adalah warga Negara Indonesia (WNI) yang genap berusia 17 tahun. Nah, bagi siswa yang sudah memasuki usia 17 tahun diminta untuk segera mengurus KTP elektronik.

Selanjutnya, para siswa bisa mendaftarkan diri jadi pemilih agar bisa masuk dalam daftar pemilih tetap. Dengan sudah  terdaftar jadi pemilih, tentunya nanti bisa berbondong-bondong ke TPS menggunakan hak pilih.

“Silahkan datang ke TPS, mau milih sapa saja terserah masing-masih pemilih. Tapi jadilah pemilih yang cerdas dan faham visi misi para calon,” urainya.

Dia menambahkan, siswa yang sudah memasuki pemilih pemula, juga bisa memberi kontribusi aktif menyukseskan Pemilu 2024. Setidaknya dengan cara mengajak pemilih pemula yang lain, termasuk lingkungan keluarga dan tetangga terdekat untuk juga datang ke TPS.

“Penting dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat, dengan melibatkan pemilih pemilih untuk sosialisasi, guna suksesnya Pemilu 2024,” terangnya.

Sementara itu, perwakilan Bakesbang Pol Pemkot Surabaya, Hudaya menambahkan pihaknya secara inten akan terus menggandeng KPU Kota Surabaya. Dalam rangka sosialisasi ke sekolah-sekolah, guna menyukseskan Pemilu 2024. Kegiatan akan terus berlanjut, dengan terus tersebar di beberapa titik.

“Ada puluhan titik sekolah, terutama SMA dan sederajat yang kami kunjungi. Semua dalam rangka sosialisasi Pemilu 2024 agar sukses dan partisipasinya meningkat,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMK Katolik St. Louis 1 Surabaya, Dra. Sri Wahjoeni Hadi S, mengucapkan terima kasih karena sudah terpilih dan ditempati sebagai lokasi sosialisasi. Itu penting, guna memperkenalkan sejak dini terhadap pentingnya Pemilu yang dilaksanakan selama 5 tahun sekali.

“Bersyukur karena siswa-siswi kami juga bisa faham terkait Pemilu 2024. Minimal sudah tahu kapan Pemilu digelar. Terima kasih KPU dan Bakesbang,” pungkasnya.¬† (*)

Baca juga