beritasurabayaonline.net
Ekbis

Progam BI Jatim Penukaran Uang Lebaran Mencapai 2,4 Milyar Lebih

Surabaya – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Jawa Timur bersama 12 perbankan di Surabaya memberikan pelayanan kepada warga masyarakat untuk penukaran uang selama lima hari digunakan lebaran hari raya idul fitri 1439 H.

“Kegiatan penukaran uang ini dilakukan selama 5 hari yaitu pada tanggal 24 Mei lalu, kemudian hari ini (30/5/2018) serta pada tanggal 4, 5 dan 7 Juni 2018,” Ujar Difi A Johansyah Kepala BI KPw Jawa Timur, Rabu, (30/05/2018) pagi hari.

Selama Penukaran uang ini, bisa melayani sebanyak 1300 orang, dalam penukaran masing-masing per-orang maksimal bisa menukarkan uangnya sebanyak 3,7 juta sesuai jadwal penukaran ditempat yang sudah disediakan secara resmi.

“Batasan maksimal Rp 3,7 juta per-orang dengan jumlah 1300 perharinya, maka uang yang kami sediakan untuk kegiatan penukaran uang baru di Makodam ini mencapai Rp 24 miliar lebih,” Katanya.

Difi menambahkan, Bahwa kegiatan penukaran uang ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan BI dan perbankan lainnya, setiap kali menjelang Lebaran. bekerjasama dengan 66 perbankan, membuka layanan penukaran di 300 outlet perbankan yang memasang spanduk layanan penukaran di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

“Jadi bukan hanya di lapangan Makodam ini saja,”Pungkasnya.

Lanjut Difi, Dengan banyaknya tempat penukaran uang resmi, hendaknya bisa mengurangi kemungkinan masyarakat menukar uang ke tempat-tempat yang tidak resmi, karena mengandung resiko.

“Paling tidak ada 3 keuntungan bila melakukan penukaran di tempat penukaran resmi yaitu (1) tidak ada tambahan biaya, (2) dijamin tidak ada uang palsu, dan (3) jumlah yang ditukarkan pasti sesuai (tidak ada selisih),” Imbuanya.

Sementara itu, untuk semakin mempermudah masyarakat yang sedang melakukan perjalanan, BI juga menyediakan Layanan Gerak Perbankan, dimana masyarakat dapat menukarkan uang di 12 rest area jalan tol, seperti jalan tol Surabaya-Mojokerto, Ngawi-Kertosono, Mojokerto-Jombang, dan Surabaya-Gempol, setiap hari Selasa dan Kamis mulai 8 Mei sampai 30 Juni 2018. (irw)

Baca juga