Hotel dan Apartemen Disarankan Ikut Partisipasi Jadi Tempat Observasi Covid-19

oleh

Surabaya – Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono meyakini Walikota Surabaya, Tri Rismaharini memiliki konsep penanganan wabah Covid-19 (Corona) yang sudah dipersiapkan.

Sebelumnya, sejumlah anggota DPRD Surabaya meragukan langkah pemkot dalam penanganan corona. Mereka (legislator) merasa ragu dengan keseriusan Pemkot Surabaya lantaran tidak ada koordonasi yang baik dengan berbagai instansi.

“Saya yakin Walikota Surabaya punya konsep yang sudah dipersiapkan,” ujar Adi Sutarwijono Ketua DPRD Kota Surabaya .

Menurut Adi yang juga Ketua DPC PDIP Surabaya ini, sejumlah langkah penanganan Covid-19 sudah dilakukan Pemkot Surabaya selama ini. Sementara mengenai penganggaran masih dibahas formatnya di DPRD Surabaya.

Sebelumnya, Walikota Surabaya menyebut akan mengalokasikan Rp 196 miliar untuk penanganan Covid-19 di Surabaya.

Namun, angka tersebut dinilai kalangan dewan masih terlalu minim. Sebab sebagian besar justru digunakan untuk pemenuhan kebutuhan sembako masyarakat, bukan untuk pemenuhan kebutuha kesehatan saat pandemi. Termasuk sarana dan prasarana tempat observasi.

Namun menurut Adi, mengenai tempat observasi baik yang bakal digunakan bagi para Orang Dalam Pemantauan (ODP) pemkot bisa menggunakan bangunan hotel maupun apartemen yang ada di Surabaya.

“Makanya kami berharap para pelaku usaha di Surabaya bisa ikut gotong royong menanganai wabah ini,” katanya.

Adi menambahkan, wabah corona memang harus ditangani oleh semua lalpisan masyarakat. Termasuk para pelaku pelaku usaha yang ada di Surabaya.

“Kalau hanya dibebankan kepada pemkot berat rasanya, ” katanya.

Untuk itu, pihaknya berharap, semua lapisan masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam penanganan Covid-19.

“Termasuk, para pelaku usaha di bidang perhotelan dan real estate untuk meminjamkan gedungnya sebagai lokasi observasi,” pungkasnya.   (irw)