beritasurabayaonline.net
Pemerintahan

Pemerintah Putuskan PPKM Level 4 Dilanjutkan Hingga 9 Agustus 2021

Surabaya – Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait perkembangan terkini PPKM level 4.

Presiden Jokowi menyampaikan, penghargaan setinggi tingginya kepada  para tenaga kesehatan, dokter, perawat  yang berada di garda terdepan dalan menyelamatkan jiwa manusia akibat covid-19.

“Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat indonesia atas pengertian dan dukungannya terhadap pelaksanaan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat yang kita lakukan,”  ujarnya.

Pilihan masyarakat dan pemerintah, menurut Jokowi, adalah sama yaitu antara menghadapi ancaman keselamatan jiwa akibat covid-19 dan menghadapi ancaman ekonomi kehilangan mata pencaharian dan pekerjaan.

Untuk itu, Jokowi menegaskan, gas dan  rem harus dilakukan secara dinamis sesuai perkembangan penyebaran covid-19 di hari hari terakhir.

“Kita tidak bisa membuat kebijakan yang sama dalam durasi yang panjang. Kita harus menentukan derajat pembatasan mobilitas masyarakat sesuai dengan data di hari hari terakhir agar pilihan kita tepat baik untuk kesehatan maupun untuk perekonomian,” terangnya.

Dalam situasi apapun, Jokowi kembali menegaskan, kedisiplinan dalam melaksanakan protokol kesehatan adalah kunci baik kesehatan dan mata pencarian masyarakat

“Kebijakan kita dalam penanganan pandemi covid-19 ini akan bertumpuh pada tiga pilar utama,” katanya

Pertama, Jokowi mengatakan, kecepatan vaksinasi terutama pada wilayah wilayah yang menjadi pusat mobilitas dan kegiatan ekonomi.

Kedua, lanjut kata Jokowi, penerapan  PPKM  yang masif diseluruh komponen masyarakat,

Ketiga, lebih lanjut Jokowi menjelaskan, kegiatan testing, treassing, isolasi dan treatment secara masif.

“Termasuk menjaga BOR, penambahan fasilitas isolasi terpusat serta menjamin ketersediaan obat obatan dan pasokan oksigen,” paparnya.

PPKM level 4 yang berlakukan pada 26 juli sampai dengan 2 Agustus 2021 kemarin, menurut Jokowi, telah membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan sebelumnya

“Baik dalam hal konfirmasi kasus harian tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan dan persentase BOR,” katanya

Oleh karena itu, Jokowi menyampaikan dengan mempertimbangkan perkembangan beberapa indikator kasus pada minggu ini.

“Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari 3 sampai dengan 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten/kota tertentu dengan penyesuaian pengaturan aktifitas dan mobilitas masyarakat sesuai dengan kondisi masing masing daerah, Hal Hal teknis selengkapnya akan dijelaskan oleh Menko dan menteri terkait,” tegasnya. melalui youtube Sekretariat Presiden Senin (02/08/2021) malam.

Untuk mengurangi beban masyarakat  akibat berbagai pembatasan mobilitas dan aktifitas sosial ekonomi, kata Jokowi, Pemerintah tetap akan mendorong percepatan dalam penyaluran bantuan sosial (Bansos) untuk masyarakat

“Progam keluarga harapan (PKH), bantuan sosial tunai (BST) dan BLTD desa, bantuan untuk usaha mikro kecil PKL dan warung, bantuan subsidi upah, sudah mulai berjalan dan progam Banpres produktif usaha mikro sudah mulai diluncurkan pada 30 juli yang lalu,” terangnya

Walaupun sudah mulai ada perbaikan, lanjut kata Jokowi, namun perkembangan kasus covid-19 masih sangat dinamis dan fluktuatif.

“Sekali lagi kita harus terus waspada dalam melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan kasus covid-19 ini,” tuturnya

“Saya sangat mengapresiasi, partisipasi dan dukungan dari para relawan dan para dermawan yang ikut membantu pemerintah untuk menegakkan protokol kesehatan mefasilitas isolasi mandiri dan upaya upaya sosial lainnya, covid-19 tantangan yang harus kita hadapi bersama melalui usaha dan kerja keras serta pengorbana kita dalam menjalani berbagai pembatasan kegiatan ini, Insya Allah kita akan dapat segera terbebas dari pandemi covid-19 ini,” tutupnya.   (irw)

Baca juga