beritasurabayaonline.net
Peristiwa

Pramuka Kwartir Cabang Surabaya Ajak Anak Muda Wisata Religi dan Outbound Wawasan Kebangsaan

Surabaya – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Surabaya menggelar wisata religi dirangkai dengan outbond bertajuk “Wawasan Kebangsaan”. Jumat (9/12/2022) pagi

“Hari ini kami mengadakan kegiatan yang sangat mulia (Wisata religi dan out bound),” ujar Siti Mariyam Ketua Harian Kwartir Cabang Surabaya ditemui usai melepas peserta wisata religi dan outbound.

Siti Mariyam menjelaskan, kegiatan ini diikuti Pramuka, karang taruna, remaja masjid dan Bonek Surabaya berbaur menjadi satu mayoritas kalangan anak muda.

“Kami berdoa untuk keselamatan kota Surabaya yang kita cintai,” terangnya

Selain itu, kata Anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya ini, doa bersama untuk keselamatan bangsa yang akhir akhir ini diterpa musibah bencana alam.

“Pertama kita lakukan adalah doa bersama di dalam kegiatan ini,” katanya.

Tidak hanya doa bersama, Siti Mariyam mengatakan, Pramuka Kwartir Cabang Surabaya juga mengadakan outbound wawasan kebangsaan.

Menurut Ia, para peserta out bound ini kemungkinan semuanya belum memahami wawasan kebangsaan tetapi ini adalah  awal perkenalan.

“Semoga anak anak muda ini bisa memahami apa sebenarnya wawasan kebangsaan itu,” harapannya.

Selain diisi dengan wawasan kebangsaan, ada juga permainan out bound dan hiburan yang dilakukan oleh peserta yang perlu diwadahi

“Silakan kalau anak anak muda ini ingin nyanyi, kita wadahi, bahwa Pramuka itu, disini senang disana senang,” katanya

Untuk itu, Siti Mariyam berpesan, agar anak anak muda yang mengikuti acara ini bisa menyampaikan kepada teman teman lainnya.

“Bahwa di Kwarcab Pramuka Surabaya punya rumah aspirasi,” katanya

Apapun yang diekspresikan dari anak anak muda ini, Siti Mariyam mempersilakan bisa datang ke Kwarcab Pramuka Surabaya dan tidak ada pembatasan

“Kita semuanya ingin membentengi dan mengawal cita cita anak anak muda ini,” tegasnya.

Siti Mariyam mengaku, bangga kepada Bonek, bahwa Bonek tidak seperti dulu tapi Bonek sekarang bisa berbuat untuk Kota Surabaya.

“Contohnya tadi kita mengajak mereka (Bonek) doa bersama, mereka pakai sarung sama dengan remaja masjid lainnya,” katanya.

“Ini loh Bonek salam satu nyali wani, wani nyowo dikekno untuk Surabaya tercinta,” imbuhnya.

Hal itu, menurut Siti Mariyam, bisa menjadi inspirasi bagi anak anak muda seperti disampaikan oleh Disporapar Kota Surabaya.

“Pak Wawan tadi menyampaikan kerja  sama Bonek luar biasa di dalam kegiatan ini,” katanya

Sementara itu salah satu peserta dari Remaja masjid Al Ikhlas Pesapen Surabaya Rizky Aditya mengaku senang bisa mengikuti kegiatan wisata religi dan out bound.

“Seneng banget pak,” ucapnya sembari tersenyum.

Menurut Risky, kegiatan ini bagus untuk  bisa mengenal dan memahami apa itu wawasan kebangsaan

“Semoga saya bisa mengerti wawasan kebangsaan ini,” harapannya. (irw)

Baca juga