beritasurabayaonline.net
TNI

Soekarwo Irup Di HUT TNI Ke 70 Tahun Di Lapangan Kodam V/Brawijaya

SurabayaBertempat foto-07-hut tni ke 70di lapangan upacara Makodam V Brawijaya digelar upacara HUT TNI ke 70 tahun dengan inspektur upacara Soekarwo Gubernur Jawa Timur, Senin (05/10/2015)

HUT TNI ke 70 di Jawa Timur ini juga mengusung tema: Bersama Rakyat, TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Menjaga Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian, diharapkan kesatuan NKRI serta keutuhan TNI dan rakyat tetap terjaga.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyampaikan, bahwa penekanan dari Hari TNI adalah tentara bersama rakyat berjuang dan profesional.

“Saya kira ini yang tepat pada kondisi sekarang karena mengingatkan akan nilai kejuangan TNI yang awalnya lahir dari rakyat dan hingga saat ini sudah dekat dengan rakyat dan ini adalah manifestasinya,”tutur Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim ini.

Soekarwo menegaskan bahwa dengan keberadaan dirinya dijadikan Irup dalam Hut TNI untuk pertama kalinya adalah kehormatan bagi rakyat di Jawa Timur sendiri.

“ini adalah salah satu wujud dari manunggalnya TNI dan Rakya dimana saya mewakili rakyat Jawa Jawa Timur yang menjadi inspektur upacara dalam upacara hari ulang TNI ke 70 tahun ini,” tukasnya di lapangan Makodam V Brawijaya.

Lebih jauh Soekarwo menjelaskan bahwa tanpa TNI pembangunan di Jawa Timur tidak akan berjalan lancar dan aman tanpa keterlibatan TNI.

“ini adalah faktor utama keamanan dan ketertiban yang harus diciptakan karena tidak mungkin membangun tanpa menciptakan suasana yang aman dan ini adalah bukti nyata TNI di Jawa Timur,”ulas Soekarwo

Sementara itu Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Sumardi berharap persatuan dan kesatuan antara TNI dan Rakyat terus berlanjut.

“kami menyadari tanpa dukungan rakyat TNI bukan apa apa, dimana tadi sesuai drama yang kami tampilkan bahwa TNI lahir hingga saat ini tujuh puluh tahun adalah dari rakyat juga,” papar mantan Gubernur Akmil ini.

“Semangat perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman lah yang harus kita ikuti, khususnya untuk anggota TNI supaya menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI,” pungkas Sumardi

Dalam upacara ini ribuan pengunjung dari masyarakat sekitar Jawa Timur memenuhi lapangan Kodam V/ Brawijaya dan alutsista yang ada disana.

Dalam acara HUT TNI Ke-70 ini, ribuan pengunjung Jawa Timur itu juga untuk melihat atraksi beladiri militer Yong Moo Do dan diikuti oleh prajurit TNI AD, serta penampilan drama kolosal Panglima Besar Jenderal Sudirman yang melakukan perang gerilya pada masa agresi militer belanda ke II, dan defile pasukan TNI AD, TNI AL, TNI AU, Resimen Mahasiswa,Polri. (irw/dim)

Baca juga