beritasurabayaonline.net
Pemerintahan

Sukseskan Pelayanan dan Suplai Air di IKN, Perumdam Penajam Paser Utara Studi Banding ke PDAM Surabaya

Surabaya – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara  Kalimantan Timur pada hari Jum’at (26/8/2022) melakukan studi banding ke PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.

Studi banding ini terkait peningkatan pelayanan, operasi, serta suplai air di Penajam Paser Utara selaku bagian dari pelayanan pembangunan IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara.

Hal itu dimaksudkan sebagai dukungan percepatan pembangunan IKN Nusantara yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Perumdam Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara siap memenuhi kebutuhan air bersih bagi sejumlah perusahaan yang terlibat dalam percepatan pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Disamping memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan air bersih di Perumdam Penajam Paser Utara.

Kondisi saat ini Perumdam Penajam Paser Utara memiliki sekitar 13 ribu pelanggan SR (Sambungan Rumah) dengan cakupan layanan 29,8%. PDAM Surabaya saat ini memiliki jumlah pelanggan 599.590 SR dan cakupan layanan 99,39%.

Kunjungan dipimpin langsung oleh Abdul Rasyid (Direktur Perumdam Danum Taka), Taufik Purwono (Kasie Umum & Personalia), dan Rahmad Hidayat (Kasie Pembukuan Umum). Kunjungan diterima oleh Direktur Utama PDAM Surya Sembada Arief Wisnu Cahyono, Direktur Keuangan, Tias Alvin Papatria, Manajer Senior Komersial dan Hubungan Pelanggan, Ari Bimo Sakti beserta jajarannya.

“PDAM Surabaya sangat antusias dan bangga apabila dapat bekerjasama dengan Perumdam Penajam Paser Utara untuk mendukung peningkatan pelayanan air bersih di IKN. Nanti kita bisa usulkan ke Perpamsi (Persatuan Perusahaan Daerah Air Minum Seluruh Indonesia) untuk menindaklanjuti kerjasama ini lebih lanjut.” ujar Arief Wisnu, Direktur Utama PDAM Surabaya.

Di Surabaya, Direktur Perumdam Danum Taka melihat SOCC (Service and Operation Command Center) dan data center milik PDAM Surabaya untuk diaplikasikan di Penajam Paser Utara.

“Surabaya hebat, sebagai benchmark untuk pusat kendali pelayanan dan operasi serta data centernya Surabaya handal. Kami berminat bekerjasama dengan PDAM Surabaya. Saya akan kirim pegawai kesini untuk magang dan belajar Teknologi Informasi di Surabaya. Target saya sampai bulan Desember 2022 sudah terbangun SOCC seperti Surabaya,” pungkas Abdul Rasyid. (*)

Baca juga