beritasurabayaonline.net
Ekbis

Anggota Komisi XI DPR RI : Ini Cara Cerdas OJK Sosialisasi Keuangan Sejak Dini

Surabaya – Kegiatan sosialisasi tentang Pentingnya Pengenalan dan Pengelolaan Keuangan Sejak Dini digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional IV Jawa Timur di sejumlah sekolahan SMA negeri maupun swasta di kawasan Surabaya dan Sidoarjo.

Kegiatan sosialisasi bertajuk Simpanan Pelajar (Simpel) ini, mendapat tanggapan dan respon positif dari Anggota Komisi XI DPR RI membidangi keuangan dan perbankan yang menilai salah satu cara cerdas dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional IV Jawa Timur.

“Ini merupakan salah satu cara yang cerdas dan riil dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional IV Jawa Timur,” Ujar Indah Kurnia Anggota Komisi XI DPR RI. Kamis, (06/09/2018),

Menurut Anggota Komisi XI DPR RI membidangi Keuangan Dan Perbankan ini, Sosialisasi ini sangat bagus secara riil karena langsung menyentuh terhadap anak pelajar sekolah SMA yang sebentar lagi akan menghadap realita kehidupan ekonomi.

“Mungkin, selama ini mereka (pelajar) ini mengandalkan pendapatan uang saku dari orang tua,” Katanya. ditemui usai memberikan pemaparan di SMA Negeri 17 Surabaya.

Untuk itu, Ia menjelaskan, mereka (pelajar) akan masuk dalam kehidupan riil yang langsung berhubungan dengan posisi sebagai manusia ekonomi, bagaimana mereka harus bisa mengelola keuangan se-cerdas-cerdasnya, se-efesien dan se-efektif mungkin.

“Uang sakunya kalau dulu mungkin uang sakunya setiap hari diberikan, dan kalau sekarang atau kuliah, mungkin mereka sebagian bisa masuk bekerja atau usaha wira swasta,” Jelasnya.

Pihaknya mengungkapkan, kegiatan sosialisasi ini sudah dilaksanakan sejak kemarin hingga sekarang, bahkan ditemukan beberapa siswa di salah satu sekolah SMA Swasta sudah menjalani usaha wira swasta seperti jualan nasi goreng, pulsa bahkan juga ada menjadi pengajar dan guru les SD.

“Ini artinya mereka (pelajar) sudah mempunyai pendapatan uang penghasilan sendiri dari wira swasta tadi , bukan hanya pendapatan dari orang tua saja,” Paparnya.

Ia menambahkan, sosialisasi tentang pengenalan dan pengelolaan keuangan sejak dini sangat bagus untuk diberikan kepada mereka (Pelajar), sehingga kedepan mereka bisa lebih bertanggung jawab dalam menghadapi kehidupan ekonomi yang akan datang.

“Ini untuk bekal mereka dalam menghadapi kehidupan ekonomi di masa akan datang, bukan hanya di masa sekarang saja,” Pungkasnya.

Sementara itu, Sosialisasi tentang Pentingnya Pengenalan dan Pengelolaan Keuangan Sejak Dini bertajuk Simpanan Pelajar (Simpel) digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional IV Jawa Timur ini, antusias para pelajar sangat tinggi mengikuti hingga akhir acara. (irw)

Baca juga