beritasurabayaonline.net
Sospol

Budi Leksono Minta Masyarakat Sambut Baik Petugas Pendataan Regsosek BPS

Surabaya – Petugas pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) BPS di tahun 2022 sudah turun ke lapangan mendatangi setiap rumah masyarakat mulai 15 Oktober hingga 14 November 2022.

Salah satunya Petugas pendataan  Regsosek BPS yang bertugas diwilayah Kelurahan Jepara Kecamatan Bubutan Surabaya ini mendatangi rumah di jalan Jepara Gang 3 No 2 yang kebetulan milik anggota DPRD Kota Surabaya.

“Beliau (Budi Leksono red) menyambut  baik  dan sangat terbuka kedatangan kami (Petugas Pendataan Regsosek BPS red),,” ujar Aries  Nurcahyo selaku Petugas Pemeriksaan Lapangan (PPL) Regsosek BPS wilayah Kel Jepara  Kec Bubutan Surabaya. Rabu (19/10/2022) pagi.

Selain itu, kata Aries, Budi Leksono juga memberikan data data pribadi secara detail dan terbuka bahkan Budi Leksono juga mengingatkan kepada petugas pendataan Regsosek BPS.

“Kami (Petugas Pendataan Regsosek BPS) ini juga diingatkan oleh Beliau (Budi Leksono red) agar lebih fair dalam penilaian ke masyarakat,” katanya

Bahkan, Aries mengaku ada pertanyaan yang hampir terlupakan namun oleh Budi Leksono diingatkan terkait jika ada masyarakat yang memberikan data tidak jelas atau tidak valid.

“Misalkan terkait ukuran tanah, beliau (Budi Leksono) mengingatkan kepada kami (Petugas Pendataan Regsosek BPS red),” ungkapnya.

Artinya, menurut Aries, agar data yang diberikan oleh masyarakat itu harus benar benar valid karena hal itu sangat  dibutuhkan dalam waktu satu hingga dua tahun kedepan

“Jadi data-data itu digunakan untuk acuan bagi Pemerintah yang intinya seperti itu,”  terangnya.

Inti imbauan dari Budi leksono ini, kata  Aries, agar masyarakat menyambut baik petugas Pendataan Regsosek BPS dalam melakukan tugasnya.

“Abah (Budi Leksono red) ini juga suport  dan membantu menginformasikan ke kami (Petugas Pendataan Regsosek BPS red)  dan ke masyarakat terkait tugas kami,”  katanya.

Ditanya apakah ads kendala saat di lapangan, Aries mengaku, pada prinsipnya ada kendala terutama terkait dengan masalah waktu yang dimana masyarakat  rata rata banyak yang sibuk bekerja.

“Tapi kami (Petugas Pendataan Regsosek BPS red) punya teknis, seperti janjian lebih dahulu dengan masyarakat dan lain sebagainya,” katanya

Selain itu, Aries juga meminta bantuan Petugas Pendataan Regsosek BPS lainnya dalam hal ini Satuan Lingkungan Setempat (SLS).

“Kalau di Surabaya istilahnya Ketua RT jadi kita minta dukungan kepada Ketua RT untuk membantu tugas kami (Petugas Pendataan Regsosek BPS red),” katanya

Sebelum Petugas Pendataan Regsosek  BPS mendatangi setiap rumah masyarakat, kata Aries, pihaknya meminta izin terlebih dahulu kepada Ketua RT dalam menjalankan tugas.

“Kami (Petugas Pendataan Regsosek BPS red) berpamitan terlebih dahulu kepada Pak RT agar bisa membantu kami,” katanya.

Aries mencontohkan, misalkan ada masyarakat yang tidak bersedia untuk didata atau ada masyarakat yang pulang kerja sampai larut malam.

“Lah dari situ Lah Pak RT bisa membantu kami (Petugas Pendataan Regsosek BPS red) agar tugas kami bisa berjalan dengan lancar dan baik,” pintanya. 

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Kota Surabaya Budi Leksono menyambut baik kedatangan Petugas Pendataan Regsosek BPS dalam melakukan tugasnya.

“Saya menyambut baik dan terbuka kedatangan Petugas Pendataan Regsosek BPS ini yang bertugas di wilayah Kelurahan Jepara ,” ujar Budi Leksono.

Selain itu, kata Sekretaris Komisi A ini, pihaknya juga memberikan data pribadinya secara valid dan terbuka kepada petugas Pendataan Regsosek BPS.

“Tadi saya dimintai data data apa yang diperlukan oleh petugas (Petugas Pendataan Regsosek BPS red) ini secara valid dan terbuka,” katanya

Hal itu, kata Legislator PDIP ini, sebagai contoh bagi masyarakat agar menyambut  baik kedatangan Petugas Pendataan Regsosek BPS di setiap wilayahnya masing masing.

“Ini sebagai contoh bagi masyarakat agar menyambut baik dan terbuka untuk  Petugas Pendataan Regsosek BPS ini yang ada di wilayahnya masing masing,” tuturnya

Budi Leksono disapa akrab Kaji Bulek’s ini juga meminta kepada masyarakat untuk menyiapkan data data apa yang dibutuhkan oleh Petugas Pendataan Regsosek BPS.

“Saya minta masyarakat menyiapkan data data secara valid apa yang dibutuhkan oleh Petugas Pendataan Regsosek BPS ini,” katanya

Kepada para Ketua RT ini, Kaji Bulek’s menambahkan, juga ikut membantu untuk mensosialisasikan Petugas Pendataan Regsosek BPS dalam melaksanakan tugasnya.

“Ketua RT harus ikut membantu untuk mensosialisasikan Petugas Pendataan Regsosek BPS ini yang sedang melaksanakan tugasnya,” pungkasnya.  (irw)

Baca juga