beritasurabayaonline.net
Headline

Deklarasi Kampaye Damai, Ketua KPU Jatim : Pilgub Jatim Guyub Rukun

Surabaya – Kedua pasangan Cagub dan Cawagub Pilgub jatim 2018 mengikuti acara deklarasi kampaye damai digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur dihadiri H Soekarwo Gubenur Jawa Timur, Kapolda Jatim dan Kodam V/Brawijaya di halaman parkiran pertokoan giant maspion di jalan A Yani Surabaya, Minggu (18/02/2018) pagi hari.

Dalam sambutannya Ketua KPU Jatim Eko Sasmito menyampaikan, ”Deklarasi ini merupakan progam nasioanal KPU RI dicanangkan secara nasional untuk melaksanakan deklarasi kampaye damai, dalam deklarasi ini, KPU Jatim akan sepakat untuk melaksanakan proses pilgub jawa timur 2018 secara damai tertib, aman dan bergembira ,”Ujarnya.

Dalam acara deklarasi kampaye damai ini, Eko menjelaskan, ”Dalam proses pergantian pemimpin merupakan sesuatu hal yang biasa dilakukan dan mau tidak mau dalam lima tahun sekali akan tetap melaksanakan hal ini (pilkada), artinya bahwa kondisi ini akan rutin dilaksanakan,” Jelasnya.

Dalam pemilu lima tahun sekali ini, Eko memaparkan, ”Rakyat diberikan kesempatan untuk memutuskan siapa yang menjadi pemimpinnya dengan cara melalui pemilihan, seperti pemilihan presiden, Legislatif, maupun kepala daerah, dan berharap untuk bisa memanfaatkan kepercayaan masyarakat untuk memilih pemimpin dengan baik,” Paparnya.

Dalam konteks Pilgub Jatim ini, Lanjut Eko menambahkan, ”Kita sudah sepakat bahwa pilgub jawa timur akan dilaksanakan dengan guyub rukun, yang artinya guyup penuh kebersamaan, dan rukun itu penuh kerukunan tidak ada proses kekerasan, dan semua persoalan bisa diselesaikan dengan dialog,” Imbaunya.

Dalam deklarasi kampaye damai ini, masih Eko Menekankan, ”Bahwa kita akan memberantas semua kegiatan yang berbau sara, money politic, dan melawan ujaran kebencian maupun berita hoax, dan deklarasi ini merupakan komitmen bersama untuk mewujudkan proses pilgub jatim dengan damai, aman, tertib dan bergembira,” Pungkasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Ketua KPU Jawa Timur Eko Sasmito menyampaikan, ”Sebuah Tagline dalam pemilihan gubenur jawa timur 2018, yakni ” Pilgub Jatim Guyub Rukun, Pilgub Jatim Guyub Rukun, Pilgub Jatim Guyub Rukun,” Ucapnya, diikuti secara bersama-sama, (irw)

 

Baca juga