beritasurabayaonline.net
Sospol

Forsilatbars Dukung Aspirasi Pengunjuk Rasa Asalkan Sampaikan Dengan Damai

Surabaya – Sebanyak 43 elemen tegabung dalam Forum Silaturrahmi Akbar Arek Arek Surabaya (Forsilatbars) menyatakan sikap Komitmen ikut menjaga kota Surabaya yang selama ini Aman Nyaman, dan Kondusif,

hal tersebut disampaikan kepada Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Johnny Edizon Isir, S.I.K., M.T.C.P saat ditemui Di Ruangan Rapat M. Yasin Polrestabes Surabaya, Senin (12/10/2020).

Ketua koodinator Forsilatbars, Cak Dullah bersama para ketua elemen lainnya meyatakan bersedia membantu pihak kepolisian Polrestabes Surabaya untuk ikut menjaga situasi unjukrasa agar bisa berjalan kondusif dan damai.

“Himbauan kami kepada warga Surabaya yang akan ikut berunjukrasa infonya tanggal 13,20,dan 28 oktober 2020 ini bisa dilakukan dengan damai dan santun dalam menyampaikan aspirasinya, jangan mudah terprovokasi oleh pihak – pihak tidak betanggung jawab,” Ujar, Cak Dullah Ketua Pemuda Pusura yang juga Koordinator Forsilatbars.

Ia menambahkan, harapan besar kami sebagai orang tua, dan kepada orang tua yang memiliki anak remaja untuk membatasi kegiatan disaat waktu-waktu demonstrasi berlangsung, diduga aksi kerusuhan, dan anarkisme unjukrasa tersebut, akibat ketidaktahuan dan ketidakmengertian apa yang di aspirasikan,” imbuhnya.

Dalam kunjuganya tersebut, Kombes Pol Johnny Edizon Isir, S.I.K., M.T.C.P Menyambut dengan senang hati dukungan dari forum silatbar ini. Berbagai perwakilan elemen hadir dalam diskusi tersebut.

“Saya berterimakasih banyak atas masukan dan saran para penggerak organisasi yang bernaung di FORSILATBARS,” ujarnya.

Tugas polerstabes Kota Surabaya memberikan pelayanan dan melindungi warga Surabaya dengan baik,” ujarnya, Kombes Pol Johnny Edizon Isir, S.I.K., M.T.C.P

Dari berbagai masukan, Kombes Pol Isir menjelaskan, diantaranya selain pengamanan, perlu juga membuka posko kesehatan, posko lainnya di beberapa titik unjuk rasa. Agar tidak terjadi Miskom seperti delapan oktober, beberapa hari yang lalu kejadianya miskom pihak kepolisian dan mahasiswa tim medis.

“ini akan menjadi prioritas,” terangnya.

Kombes Pol Isir, menambahkan, warga kota Surabaya siapapun diperbolehkan menyampaikan pendapat asalkan dilakukan secara damai dan santun.

“Tapi kalau ada yang mulai anarkis akan dilakukan tindakan dengan tegas,” tegasnya. (irw)

Berikut Peryataan Sikap Forum Silaturrahmi Akbar Arek-Arek Surabaya :

1. Mendukung penyampian aspirasi masyarakat yang dilakukan secara damai.

2. Memohon kepada pejabat dan intansi terkait untuk bersedia menemui dan menampung penyampian aspirasi dari masyarakat.

3. Menolak penyampian aspirasi yang dilakukan denagan cara kekerasan, pemaksaan kehendak, perusakan dan tindakan-tindakan mengarah ke anarkis dan kriminal.

4. Meminta dan mendukung aparat keamanan untuk mengambil tindakan tegas terhadap pelaku perusak, kerusuhan dan peaku tindakan pidana lainya.

5. Meminta aparat keamanan untuk tidk bertindak reprensif dan mengawal masyarakat yang akan menyampikan aspirasi secara damai sesuai dengan kentuan yang berlaku.

Baca juga