Karantina Wilayah Perlu Jika Satu Perkampungan Tingkat Penyebaran Covid-19 Tinggi

oleh

Surabaya – Karantina wilayah jika terjadi penyembaran virus corona (Covid-19) di dalam satu komplek perkampungan dengan jumlah tinggi perlu disegerakan, hal ini dikatakan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya.

“Saya pikir perlu disegerakan untuk dilakukan itu,” ujar A Hermas Thoni Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya. Selasa (31/03/2020)

Menurut Penasehat Fraksi Gerindra ini, karena dengan langkah yang cepat dan tepat akan memudahkan kita untuk menglokalisir penyebaran virus corona (Covid-19) ini.

“Daripada kita memberikan toleransi kepada masyarakat untuk mencari kehidupan (bekerja) mencari nafkah keluar dari zona itu dan ini semakin banyak proses pelipatgandaan penyembarannya semakin lebih tinggi,” katanya.

Lebih baik, Thoni menjelaskan, pemerintah kota meminta kepada mereka (Warga) diam di tempat lalu mencukupi, warga tidak perlu keluar (rumah) sehingga virusnya bisa dibasmi.

“Karantina wilayah bukan scala kota surabaya, tapi kami melihatnya dalam satu kompleks perkampungan,” paparnya.

Menurut Thoni, pihaknya melihat ada 3 wilayah yang bisa dikatakan sehat, yakni ada wilayah yang Orang Dalam Pemantauan (ODP), ada wilayah orang Pasien Dalam Pemantauan (PDP)

“OPD ini yang perlu menjadi perhatian kita semua,” ungkapnya.

Untuk yang PDP, Lebih lanjut Thoni mengatakan, ini perlu didalami, mereka punya keluarga berapa dan interaksi kemana saja serta dengan siapa saja diperlukan gerak cepat agar supaya kita mengetahui mana zona yang harus dilokalisir.

“Dengan adanya seperti itu, masyarakat bisa tenang, sehingga pemerintah kota bisa menyelesaikan dengan tepat dan baik ,” pungkasnya. (irw)