Pengajuan Perubahan Anggaran Pilwali Kota Surabaya 2020 Mencapai 118 Miliar

oleh

Surabaya – Pengajuan perubahan anggaran Pilwali Kota Surabaya 2020 yang diajukan oleh KPU Kota Surabaya mencapai 118 Miliar.

Alasan pengajuan perubahan anggaran pilwali ini dibahas dalam pembahasan bersama antara KPU dengan PAPD yang disepakati bersama.

“Yakni jumlah pemilih dalam satu TPS yang berdampak pada jumlah TPS Se kota surabaya,” ujar Nur Samsi Ketua KPU Kota Surabaya, Rabu (02/10/1019) siang.

Awalnya, Ia menjelaskan, yang di ajukan 4327 TPS lalu di sepakati bersama di dalam pembahasan bersama itu menjadi 4121 TPS.

“Jumlah TPS 4327 yang kami ajukan, lalu turun menjadi 4121 TPS,” paparnya, ditemui usai hearing dengan komisi A DPRD Surabaya.

Awal jumlah pengajuan anggaran,ia mengatakan, 124 miliar dengan jumlah 4327 TPS, namun di dalam pembahasan bersama, turun menjadi menjadi 4221 TPS dengan anggaran yang diajukan 118 miliar, namun masalah yang krusial yakni jumlah TPS dan besaran honor adboc.

“Ketika jumlah TPS berkurang tentu jumlah petugasnya juga berkurang,” katanya.

Menurut ia, jumlah petugas TPS tidak sedikit karena tujuh kali sekian ratus ini juga besar dan mengalami penurunan.

“Sebenarnya tidak ada kesulitan ataupun hambatan, tapi kami memang sangat hati hati,”

Kehati hatian, menurut ia, karena ini anggaran negara sekalipun di APBD dan ini uang rakyat harus hati hati, dengan landasan dasar dan hukumnya sehingga muncul nomenklatur dan jumlah anggaran

“Sengketa bagian yang kami anggarkan,” jelasnya.

Terkait Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang belum di tanda tangani, ia menambahkan, ini amanat dari mendagri no 54 bahwa anggaran yang diajukan oleh KPU harus dibahas bersama dengan tim anggaran pemerintah daerah.

Hal itu, menurut ia, bagian dari kehati-hatian kami bersama yang dibahas secara detail, namun sampai 1 oktober sebagai batas penandatangan NPHD yang sesuai dengan amanat PKPU no 15 tahun 2019 ini belum dilakukan karena ini bagian dari proses.

“Mudah mudahan tidak dalam waktu yang lama NPHD akan di tanda tangani,” pungkasnya.

Sementara itu, proses tahapan pengajuan perubahan anggaran pilwali kota surabaya 2020 terakhir mencapai 124 miliar, lalu turun menjadi 118 miliar

Namun pada hearing sebelumnya, rabu (21/08) KPU Kota Surabaya pernah mengusulkan anggaran Pilkada Kota Surabaya 2020 kepada DPRD Kota Surabaya senilai 85,3 Miliar sebelumnya 85,1 miliar. (irw)