beritasurabayaonline.net
Pemerintahan

Semarak HUT RI ke 76, Ini Imbauan Wali Kota Eri

Surabaya – Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerbitkan surat imbauan nomor 003.1/8716/436.3.1/2021.

Surat tersebut sudah dilayangkan kepada pihak-pihak terkait, diantaranya pimpinan lembaga atau instansi pemerintah, BUMN, BUMD. Kemudian juga kepada organisasi politik, organisasi masyarakat, organisasi sosial dan RT/RW.

Surat imbauan itu berisi permintaan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk turut berperan aktif menyemarakkan peringatah HUT RI ke-76 ini.

“Tentunya, kegiatan kerja bakti ini harus dilakukan dengan melakukan protokol kesehatan,” kata Wali Kota Eri dalam surat imbauannya, Senin (02/08/2021).

Ada beberapa poin yang disampaikan, yakni, warga diimbau melakukan kerja bakti. Mengingat kondisi saat ini, giat kerjabakti bisa dilakukan secara perorangan, kelompok dan instansional, di masing-masing lokasinya.

Selanjutnya, menghias lingkungan perkantoran hingga tempat tinggal juga dimintanya. Termasuk juga mengecat kembali gedung, pagar, hingga gapura yang sudah kusam.

“Saya juga mengimbau kepada warga untuk mengibarkan Bendera Merah Putih satu tiang penuh selama 1 bulan, mulai tanggal 1-31 Agustus 2021, pukul 06.00-18.00 Wib. Bagi warna bendera yang sudah mulai kusam, kami mohon untuk diganti baru,” tegasnya.

Sedangkan bagi pemegang ijin reklame diminta untuk membersihkan, mengecat dan menghias reklame-reklame yang berada di jembatan penyeberangan orang, bando jalan maupun yang berada di tempat titik–titik reklame yang telah ditentukan.

Tak hanya itu, Eri juga meminta kepada warga untuk memutat lagu-lagu perjuangan dan memakai PIN Merah Putih di dada sebelah kiri, mulai tanggal 1-31 Agustus 2021.

“Kami juga meminta untuk melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada tanggal 17 Agustus 2021, pukul 08.00 WIB diikuti oleh karyawan atau karyawati dengan tetap memenuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.

Adapun tata cara upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 adalah pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya dan. Mengheningkan Cipta.

Selanjutnya, pembacaan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, Amanat Inspektur Upacara, dan yang terakhir doa bersama.

“Sementara tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 ini adalah “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh,” pungkas Eri.   (irw)

Berita Terkait