Tangkal Isu, Warga Nadhliyin Pesisir Pantai Timur Kenjeran Gelar Kirab

oleh

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW (12 Rabiul Awal 1438 H )

foto Warga Nadhliyin Pesisir Pantai timur kenjeran Gelar Kirab
foto Warga Nadhliyin Pesisir Pantai timur kenjeran Gelar Kirab

Surabaya – BSO – Ratusan warga Nadhliyin yang tinggal dipesisir pantai timur mayoritas pekerja sebagai nelayan dijalan Nambangan Cumpat Kelurahan Kedung Cowek Kecamatan Bulak Surabaya menggelar kegiatan acara kirab memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW (12 Rabiul Awal 1438 H )

Seketaris Panitia penyelenggara mengatakan, Kirap memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW (12 Rabiul Awal 1438 H ) ini adalah agenda tahunan yang mana merupakan rangkaian kegiatan pada sebelumnya hingga sampai kegiatan pengajian akbar pada bulan awal januari 2017 mendatang.

“Tujuan rangkaian kegiatan acara ini untuk membentengi warga pesisir pantai mayoritas para nerlayan dan terutama warga Nadhliyin serta para pemuda NU,” Kata M Saifu. Minggu (11/12/2016) sore hari.

Maksud dari membentengi, Menurut M Saifu menjelaskan,Bahwa akhir-akhir ini diwilayah kami sering kita dengar isu-isu yang sangat kurang enak di dengar, seperti kenakalan remaja terhadap bahaya narkoba yang semakin mengkwatirkan sekali,maka kami sebagai oarng tua untuk bisa mengarahkan pada kegiatan yang positif seperti ini.

“Selain itu kami juga berikan pengertian tentang arti Ahli Sunnah Wal Jama’ah yang sebenarnya, Apalagi sekarang lagi marak isu faham radikal,” Jelasnya.

Lanjut M Saifu menambahkan, Kami sebagi orang tua juga ikut peduli menangkal tentang isu-isu yang ada diwilyah kami, namun yang lebih utama adalah menangkal isu-isu tentang faham radikal yang kabarnya lagi marak dan kurang enak didengar,” Mudah-mudahan adanya kegiatan ini semua elemen masyarakat bisa mengerti dan memahami,” Pungkasnya.

Hal senada,Seketaris Majelis Wakil Cabang NU Kecamatan Bulak Hamdan Rois mengatakan, Tujuan adanya kegiatan acara ini untuk menegakan Ahli Sunnah Wal Jama’ah yang selama dibawa dan diajarkan oleh nenek moyang mulai jaman wali songo hingga sampai sekarang yang diwariskan kami,anak-anak dan generasi pemuda NU.

“Ini merupakan agenda tiap tahun sejak tahun 1990-an lalu hingga sekarang masih tetap dirayakan dan dilaksanakan,”Katanya.

Dengan kegiatan acara ini Hamdan Rois berharap,Kita tegakkan Ahli Sunnah Wal Jama’ah di seluruh wilayah indonesia, kami sebagai warga Nadhliyin ingin tetap adanya Nadatul Ulama yang berada dimana saja yang selama ini digojang gajing oleh faham ajaran yang lain, kami juga sebagai warga pesisir tetap menegakkan faham Ahli Sunnah Wal Jama’ah.

“Mari kita bersama-sama menegakkan faham Ahli Sunnah Wal Jama’ah dengan baik dan benar di negara indonesia yang kita cintai ini,” Tegasnya.

Kegiatan acara kirab ini digelar oleh warga Nadhliyin yang tinggal dipesisir pantai timur yang mayoritas nelayan ini, diikuti sejumlah Taman Pendidikan Al’Qur’an (TPA), Gerakan Pemuda Ansor, Banser, PMII, IPNU, IPPNU dan pemuda karang taruna sambil berjalan mengelilingi sekitar wilayah kelurahan Kedung Cowek Surabaya. (irw)